Kamis, 17 Juli 2014

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting selain jantung adalah ginjal. Jika fungsi ginjal dalam tubuh sudah tidak berjalan dengan baik, maka tubuh seseorang akan mengalami banyak sekali komplikasi. Oleh karenanya usahakan kita bisa menjaga kesehatan tubuh baik itu organ dalam maupun luar. Nah untuk Tips menjaga kesehatan ginjal ini sendiri akan kami bahas pada artikel yang ada dibawah ini: Fungsi Ginjal Untuk Tubuh: Namun sebelum kami membahas tips menjaga kesehatan ginjal, ketahui dulu apakah fungsi ginjal itu sendiri bagi tubuh kita:
1. Memfilter Darah 
Ketika mengonsumsi makanan secara otomatis akan diolah oleh sistem metabolisme menjadi energi yang mampu menggerakkan tubuh, tapi setiap makanan yang di konsumsi pasti menyisakan zat berupa limbah yang disertai dengan racun atau toksin. Ginjal berfungsi membuang sisa makanan tersebut menjadi urine melalui kantung kemih.  

2. Mengontrol kadar asam dan basa dalam tubuh 
Ginjal berfungsi mengontrol keseimbangan kadar asam dan basa dengan cara kerja yang sama seperti filtrasi darah, yaitu mengeluarkan asam dan basa lewat urine.  

3. Menjaga tekanan osmosis 
Tekanan osmosis di jaga oleh ginjal dengan cara menyeimbangkan zat yodium dalam tubuh.  

4. Memproses ulang zat 
Saat membuang sisa makanan ginjal juga mampu memisahkan zat yang masih berguna dengan cara mengembalikannya kedalam tubuh melalui sistem peredaran darah. 

 5. Menyeimbangkan Zat Kimia Dalam Darah 
Kandungan kimia yang di seimbangkan oleh ginjal adalah kadar garam dalam darah. 

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami 
Nah itu dia fungsi ginjal, dan ini baru cara menjaga ginjal. Mari kita simak yuk:
1. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok 
Tembakau yang anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan ginjal. Selain itu rokok dan alkohol penyebab utama tubuh anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal. Read: Bahaya Rokok Untuk Tubuh Anda Cara Untuk menghilangkan Kebiasaan Merokok  

2. Jaga Berat Badan Anda 
Berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerja.  

3. Kontrol Tekanan Darah 
Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Jadi bagi yang terkena darah tinggi jaga kesehatan baik-baik, jangan mudah emosi serta atur makan garam anda.  

4. Hindari Stres 
Stres yang menyerang membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.  

5. Selalu Bergerak Demi Menjaga Kesehatan 
Anda harus aktif bergerak, karena kesehatan bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan. Ini adalah cara paling mudah untuk menjaga ginjal. 

Oke itulah tips dan cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa saya share  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Ditulis oleh: Abdilah Info Kesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR