Senin, 21 Juli 2014

Cara Menjaga Kesehatan Hati Agar Tetap Sehat

Hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang berperan penting untuk melengkapi kinerja organ lain dalam meneruskan kelangsungan hidup setiap orang. Jika hati mengalami kerusakan maka fungsinya pun tidak bekerja sebagaimana mestinya, berbagai gangguan penyakit akan mudah menyerang anda.
Maka dari itu jika anda menginginkan hati sehat, perhatikan cara menjaga kesetahtan hati sebagai berikut:  

1. Konsumsi Sayuran 
Beberapa sayuran ada yang tepat untuk menjaga kesehatan hati. Bawang dan brokoli adalah sayuran yang sama-sama menyimpan belerang dalam porsi lebih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.  

2. Minum Air Lemon 
Untuk membantu proses detoksifasi hati, buat minuman yang berasal dari air putih dengan campuran air perasan lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Cara membuatnya adalah mencampur air perasan lemon kedalam air putih lalu diminum secara rutin tiap hari.  

3. Pijat 
Memang nikmat jika dipijat akibat lelah kerja atau beraktivitas seharian. Sama seperti hati, pijatan di area dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membantu proses peraliran atau sirkulasi darah ke hati dan fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.  

4. Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi 
Penuhi mineral untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti : -Magnesium -Besi -Kalsium -Seng -Kalium -Selenium -Sodium -Tembaga 

 5. Stop konsumsi alkohol 
Alkohol yang anda konsumsi akan berubah senyawa menjadi partikel racun lebih banyak sehingga hati akan bekerja untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh lebih keras, jika dibiarkan maka fungsi hati akan melemah. Oleh sebab itu batasi alkohol atau kalau bisa hentikan. 

Untuk menjaga kesehatan hati konsumsi makanan seperti :  

1. Buah Anggur 
Buah anggur jarang dijadikan sebagai jus mampu menghalau karsinogen dan racun dengan membantu fungsi hati untuk melakukan proses kimiawi.  

2. Bawang Putih 
Enzim dalam hati dapat aktif dengan bawang putih sehingga membuat hati lebih efisien dalam proses penyaringan racun.  

3. Teh Hijau 
Teh hijau mampu meningkatkan fungsi hati dengan bantuan zat katekin yang dikandung. Oke itulah artikel tentang cara menjaga hati agar tetap sehat, semoga dapat menambah wawasan bagi anda.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Ditulis oleh: Abdilah Info Kesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR