Rabu, 28 Januari 2015

Lawan 6 Penyakit Berikut Dengan Jahe


Jahe yang banyak kita temukan di dapur dan digunakan oleh ibu-ibu sebagai salah satu bumbu memasak mereka ternyata, memiliki banyak manfaat. Selain enak dibuat minuman dan dijadikan beberapa bahan makanan lain, jahe juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Salah diantaranya adalah dapat menyembuhkan batuk. Biasanya jahe ini dikonsumsi dalam belum minuman seperti wedang jahe. Selain lebih enak, wedang jahe juga dapat dinikmati oleh siapa saja. Berikut adalah beberapa penyakit yang umum kita temui bahkan kita rasakan, bisa diobati dengan jahe:  

1. Batuk 
Banyak orang telah mengetahui bahwa jahe merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati batuk. Cara memanfaatkannya, pertama ambil jahe kemudian iris dan rebus lalu hancurkan sebelum matang. Setelah itu rebus kembali dengan menggunakan air yang sama untuk mengeluarkan bahan aktifnya. Minum hasil rebusan jahe tadi untuk meredakan batuk dan sakit pada tenggorokan. Anda bisa mencobanya juga dengan teh untuk lebih nikmatnya. Baca : Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan dan Batuk.  

2. Radang tenggorokan 
Sama halnya seperti batuk, sakit perut, dan sakit kepala, teh yang dicampur dengan jahe juga bagus untuk mengobati sakit tenggorokan. Cobalah untuk merebus satu potongan jahe kemudian iris lalu tambahkan madu atau lemon dan campurkan dengan teh anda. Anda akan segera merasakan khasiat yang luar biasa dari campuran tersebut. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari, terutama ketika anda bermasalah dengan tenggorokan. Baca : Obat Radang Tenggorokan Alami Untuk Tubuh Yang Sehat.  

3. Sakit perut dan gangguan pencernaan 
Banyak bumbu atau rempah-rempah yang sering digunakan untuk mengobati sakit perut, dan jahe adalah salah satunya. Beberapa orang yang mabuk laut sering diberikan jahe. Itu karena jahe memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk membantu meredakan mual atau masalah pencernaan. Cara memanfaatkannya sangat sederhana, cobalah ambil beberapa jahe lalu parut dan campurkan dengan beberapa daun mint lalu rebus hingga mendidih, hasil air rebusan tersebut dapat anda konsumsi dengan menambahkan sedikit madu, untuk meredakan sakit perut atau gangguan pencernaan. Baca juga : 5 Obat Mencret Tradisional dari Bahan-Bahan Alami.  

4. Obat sakit kepala atau migren 
Beberapa herbal lainnya seperti mint, atau cabe rawit dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala dan migren. Akan tetapi, ternyata jahe juga bisa digunakan untuk mengobati sakit yang sama. Beberapa efek yang sering diakibatkan oleh migrain diantaranya adalah rasa mual, nah untuk mengatasi masalah ini anda dapat memanfaatkan jahe untuk meredakannya. Baca : Cara Mengobati Sakit Kepala Cobalah tips di bawah ini untuk meredakan sakit kepala atau migren Ambil 1 (satu) ruas jahe, kemudian Tambahkan 1 sdt (sendok teh) peppermint kering, dan sedikit Bubuk cabe rawit atau cabe rawit yang sudah dihaluskan, lalu Campurkan di dalam air mendidih Biarkan campuran meresap selama kurang lebih 15 menit, kemudian Minum air tersebut. Jika anda tidak menyukai rasanya, anda dapat mencampurkannya dengan madu. Baca juga : Tips Meredakan Sakit Kepala Sebelah Kiri.  

5. Sakit gigi 
Ini merupakan salah satu penyakit yang sering ditemukan pada mereka yang tidak menjaga kebersihan mulutnya dengan rajin sikat gigi, atau pada anak-anak yang banyak mengkonsumsi makanan-makanan manis seperti permen. Sakit gigi ternyata bisa diatasi dengan menggunakan jahe. Karena jahe memiliki kandungan anti kuman dan anti bakteri. Baca : Obat Sakit Gigi Tradisional dan Alami Cara memanfaatkan jahe untuk meredakan sakit sangat sederhana, pertama ambil jahe mentah lalu gosok-gosokkan ke gusi anda dimana sakit gigi tersebut berasal. Atau anda juga dapat menggunakan air rebusan akar jahe sebagai obat kumur untuk melawan rasa sakit pada gigi. Lakukan tips ini secara rutin beberapa kali sehari untuk menghilangkan kuman penyebab sakit gigi.  

6. Nyeri 
Manfaat lain yang bisa diambil dari jahe adalah untuk mengobati nyeri otot. Senyawa gingerol, shogao, dan zingerone ditemukan dalam jahe yang secara efektif dapat digunakan untuk mengatasi peradangan atau nyeri pada otot. Setelah melakukan olahraga atau setelah bekerja berat, cobalah untuk mengkonsumsi teh jahe untuk meredakan nyeri pada otot.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR