Kamis, 03 Januari 2013

Ini Dia Resep Resolusi Makan Sehat 2013

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, momen awal tahun tepat dijadikan sebagai titik awal program diet. Dari sini, akan lebih mudah mengevaluasi perkembangan program dietnya sekaligus mengobarkan euforia tahun baru. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar resolusi ini tak hanya menjadi jargon semata. "Penurunan berat badan yang berhasil harus menurunkan jumlah kalori sekitar 500 kalori dari yang biasa dimakan. 

Kalau yang biasa makan banyak mungkin penurunan tidak akan terasa, tapi prinsipnya tidak boleh terlalu ketat. Jadi kita harus mengikuti pola makan sehat, prinsipnya adalah diet seimbang," kata dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (1/1/2013). Dr Titi menjelaskan bahwa pola makan yang sehat itu haruslah seimbang, yaitu mencakup karbohidrat, protein,sayuran, air minum dan susu. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar program diet dapat berhasil.  

1. Hati-hati dengan karbohidrat 
Karbohidrat masih menjadi pilihan penting walaupun banyak orang yang sedang menurunkan berat badan merasa takut mengkonsumsinya. Oleh karena itu, pilihlah karbohidrat yang sehat, yaitu karbohidrat kompleks yang masih ada seratnya. Contohnya adalah beras merah, beras yang masih ada kulit arinya atau beras tumbuk yang belum banyak diselep berkali-kali. Jika tidak suka makan nasi, karbohidrat sehat bisa diperoleh dari havermut, kentang rebus, roti atau whole wheat.  

2. Protein harus cukup 
Ada beberapa orang yang tidak lebih memilih banyak nasi tapi proteinnya sedikit sekali. Protein yang dikonsumsi sebaiknya berupa hewani dan nabati. Untuk protein hewani, sebaiknya pilih yang tanpa lemak. Untuk mengurangi lemak, sebaiknya jangan sering menggoreng makanan. Dengan kata lain, hindari gorengan.  

3. Makan sayuran dan buah 
Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang penting bagi keberhasilan diet. Sayuran boleh dikonsumsi banyak-banyak, tetapi buah tidak, batasannya sekitar 3 buah sehari. Penyebabnya karena buah memiliki kalori yang lebih tinggi. Menghindari makan malam tetapi makan banyak buah, misalnya separuh pepaya, kalori yang masuk akhirnya sama.  

4. Minum air putih 
Tubuh manusia banyak terdiri dari air, itulah sebabnya fungsi air amat vital. Program diet bisa jadi gagal kalau tidak cukup minum. Sebaiknya minumlah air putih 1,5 - 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari. 

5. Jauhi makanan cepat saji 
Makanan instan dan fast food harus dijauhi. Fast food mengandung banyak kalori, lemak, gula dan gara yang disimpan dalam lemak sehingga cepat menyebabkan kenaikan berat badan. Mie instan juga demikian karena mudah sekali diproses tubuh sehingga kadar gula bisa langsung naik dan disimpan dalam bentuk lemak. Akan lebih baik jika mi instan diganti pasta yang whole wheat. 

6. Jangan lupa sarapan 
Pagi-pagi harus sarapan dengan karbohidrat kompleks. Sarapan sangat penting agar metabolisme tubuh tidak drop. Sarapan yang sehat dan sederhana dapat dilakukan dengan mengkonsumsi karbohidrat, telur rebus dan sayur.  

7. Teratur berolahraga 
Olahraga untuk membantu penurunan berat badan bisa dilakukan dengan cara jalan kaki minimal 30 menit. Jika memberatkan. Praktiknya dilakukan secara bertahap sampai 1 jam perhari kalau bisa. 

8. Jangan lupakan susu 
Untuk pelaku program diet, sebaiknya konsumsi susu tanpa lemak karena kalsiumnya membantu metabolisme lemak dan proteinnya bagus. Satu gelas susu skim tanpa lemak mengandung 80 kalori, jadi kalau minum 2 gelas masih boleh. Jangan minum susu full cream atau yang low fat karena masih ada lemaknya.
  
Semoga Bermanfaat, Salam Sukses & Selalu ActiON !!! 
Sumber Putro Agus Harnowo - detikHealth

8 komentar:

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

Infonya cukup bermanfaat banget gana

obat tradisional nyeri haid mengatakan...


Makasih ya atas info-infonya

obat tradisional osteoporosis mengatakan...


wah bagus banget nih infonya

obat tradisional infeksi saluran kemih mengatakan...


tetep semangat ya kak

obat herbal ace max's mengatakan...


selamat siang dan salam kenal ya

ace maxs mengatakan...


semoga sukses selalu

cara pemesanan ace max's mengatakan...


ijin menyimak dan backlink disini ya

obat tradisional ace max's mengatakan...


ikut posting disini lagi ya
jangan lupa mampir balik lagi ya

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR