Selasa, 10 September 2013

Tingkatkan Sistem Imun dan Cegah Penyakit dengan 10 Asupan Ini

Di cuaca yang tak menentu seperti saat ini penyakit bisa dengan mudah menghampiri. Namun jangan khawatir, asupan tertentu bisa membantu meningkatkan sistem imun secara alami dan mencegah Anda dari berbagai macam penyakit.  

Berikut 10 makanan yang baik bagi sistem imun tubuh menurut Akansha Jhalani, seorang ahli gizi, seperti dilansir Times of India, Selasa (10/9/2013):  

1. Pepaya 
Pepaya merupakan sumber yang kaya akan kandungan vitamin C, karotenoid, folat dan serat. Selain itu buah ini juga mengandung bahan fitokimia seperti lycopene dan polifenol, yang melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Konsumsi semangkuk pepaya untuk memenuhi kebutuhan Anda akan vitamin C.  

2. Biji rami atau flaxseeds 
Biji rami kaya akan asam lemak omega-3, lignan dan serat. Konsumsi makanan ini akan membantu melawan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker. Selain itu, asupan ini juga membantu melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.  

3. Biji chia 
Biji chia berwarna cokelat gelap atau warna hitam memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Asupan ini mengandung kalsium, fosfor, magnesium, serta merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Konsumsi asupan ini diketahui akan membantu menstabilkan gula darah dan diabetes. Tak hanya itu, biji chia juga diketahui baik untuk kekuatan gigi dan tulang.  

4. Jeruk Jeruk kaya akan vitamin C, karotenoid, polifenol, kalium dan serat. Konsumsi buah ini diketahui akan membantu mengurangi risiko kanker, diabetes, masalah jantung, meringankan sembelit, serta menyehatkan kulit dan rambut.  

5. Quinoa Quinoa adalah biji-bijian sejenis tanaman rumput. Bijinya kecil bulat dan berkulit agak keras serta warnanya cokelat muda hingga kemerahan. Biji-bijan ini tinggi akan kandungan protein, asam lemak esensial lysine, kalsium, fosfor dan zat besi. Konsumsi makanan ini diyakini akan meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, dan membantu mencegah migrain.  

6. Apel 
Apel kaya akan flavanol, serat larut, pektin dan agen detoksifikasi lainnya. Mengonsumsi buah apel akan membantu meringankan konstipasi, mendetoksifikasi hati, mengurangi risiko kanker, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kekebalan tubuh.  

7. Bit 
Umbi berwarna merah keunguan ini merupakan obat yang diketahui bisa mengatasi anemia. Asupan ini tinggi akan serat larut, betacyanin dan flavanoids. Mengonsumsi makanan ini akan membantu melawan penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin, mengurangi tekanan darah, mencegah osteoporosis, mengatasi anemia dan menjaga kesehatan mata.  

8. Berri 
Berri yang kaya akan antioksidan dapat melindungi tubuh Anda dari peradangan dan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, serta memiliki efek antibakteri. Buah-buahan jenis ini juga diketahui kaya akan antosianin, vitamin C, asam folat dan serat. Fakta lainnya, buah-buahan berry juga diketahui dapat mengatasi infeksi saluran kemih, mengurangi risiko masalah jantung dan menjaga gula darah tetap terkontrol.  

9. Ubi jalar 
Ubi jalar mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, dan sumber serat yang baik. Konsumsi ubi jalar akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menghasilkan kolagen dan membantu mempertahankan kesehatan kulit.  

10. Sayuran berdaun hijau Sayuran berdaun hijau merupakan sumber yang gizinya paling terkonsentrasi. Sayur-sayuran ini kaya akan zat besi, kalsium, mangan, kalium, vitamin K dan vitamin B. Selain itu, mereka juga mengandung berbagai fitonutrien yang melindungi sel-sel dari kerusakan terkait usia. Sayuran ini juga membantu mengatur pembekuan darah, mencegah osteoporosis dan peradangan.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR