Kamis, 04 September 2014

Perhatikan, Ini 5 Tanda Anda Perlu Mengonsumsi Lebih Banyak Protein

Sebagai salah satu jenis asupan yang perlu dipenuhi dalam menu makan sehari-hari, terutama dalam menu lauk pauk, porsi protein seringkali tak mencukupi kebutuhan. Apa saja tanda-tandanya? Berikut 5 tanda Anda perlu menambahkan porsi protein dalam asupan sehari-hari, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, Kamis (4/9/2014):
1. Anda 'ketagihan' makanan manis 
Salah satu tanda asupan protein Anda kurang adalah ketika Anda mulai ketagihan mengonsumsi camilan-camilan manis. Penulis buku The Flexitarian Diet, Dawn Jackson Blatner, RD, juga menyebutkan kekurangan asupan protein juga bisa menyebabkan Anda menjadi sering lapar. Salah satu fungsi protein yang paling penting adalah menjaga gula darah Anda tetap stabil. Ini berarti jika asupan protein Anda kurang, maka akan ada dorongan untuk mengonsumsi makanan manis lebih banyak.
2. Otak sulit fokus 
Gula darah yang seimbang sangat penting untuk menjaga otak tetap berpikir fokus. Jadi, ketika Anda kekuranan protein dan kadar glukosa berfluktuasi terus-menerus, kemampuan Anda untuk berkonsentrasi mungkin akan sedikit terganggu. Asupan protein yang cukup pada waktu makan siang akan membantu melepaskan karbohidrat dan menjaga energi tetap stabil. Lain halnya jika Anda hanya mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit atau roti, Blatner mengungkapkan hal ini hanya akan memberi Anda sedikit energi saja.

3. Rambut rontok 
Protein juga berperan sebagai 'penjaga' dari sel-sel tubuh Anda, termasuk pada folikel rambut. Jika folikel rambut Anda kuat, maka rambut tidak akan mudah rontok. Namun jika nutrisi kulit kepala dan rambut Anda kurang, yang salah satunya karena kurang asupan protein, bukan tidak mungkin masalah rambut rontok bisa muncul.
4. Tubuh terasa lemah 
Diketahui bahwa protein sangat penting untuk membangun otot. Nah, jika Anda tidak mendapatkan cukup asupan protein, otot-otot Anda mungkin akan mulai menyusut dari waktu ke waktu. Efeknya, Anda mungkin akan merasa lebih lemah dan tak bersemangat sepanjang hari. Selain itu, waktu latihan fisik pun bisa jadi akan terasa lebih melelahkan.
5. Anda mudah sakit 
Protein dibutuhkan untuk membangun semua senyawa dalam sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda merasa akhir-akhir ini sering flu atau infeksi, bisa jadi Anda perlu lebih banyak mengonsumsi protein daripada sebelumnya. Gejala lain yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi kulit yang tak sehat. Kulit adalah organ kekebalan yang paling besar karena melindungi tubuh dari lingkungan luar. Akibatnya kulit mungkin akan menjadi tak sehat karena tubuh kekurangan asupan protein.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR