Selasa, 17 Juni 2014

6 Cara Menyenangkan Tingkatkan Kekuatan Otot untuk Segala Usia

Jika menyebutkan latihan kekuatan otot, kebanyakan dari kita akan berpikir bahwa latihan ini hanya untuk mereka yang berusia muda. Nah, dengan cara menyenangkan ini, peningkatan kekuatan otot bisa dilakukan oleh siapapun. Kekuatan otot yang baik diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya mengatur tekanan darah, gula darah dan kadar kolesterol darah; mencegah risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2; memperbaiki postur tubuh, mobilitas dan keseimbangan; mengurangi risiko jatuh dan cedera; serta mempertahankan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Alasan lain Anda perlu melakukan latihan penguatan otot adalah karena hal ini dapat meningkatkan metabolisme, yang berarti Anda bisa makan lebih banyak sebelum mulai menambah berat badan. Tak selalu angkat beban, beberapa aktivitas berikut juga turut membantu meningkatkan kekuatan otot Anda, seperti dikutip dari ABC Australia, Senin (16/6/2014): 

1. Berlayar 
Jika Anda sempat terpikir untuk bepergian dengan transportasi air dengan percikan air laut, disarankan Anda mewujudkannya. Selain merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, berlayar juga dapat meningkatkan daya tahan dan keterampilan konsentrasi Anda.
2. Kayak 
Jika biasanya kayak dilakukan pada air tenang seperti di sungai atau danau, maka kali ini cobalah untuk melakukannya di laut atau bahkan di area arung jeram.
3. Panjat tebing 
Tidak masalah apakah Anda memilih untuk melakukan panjat tebing luar ruangan tradisional, panjat tebing indoor atau bouldering, semua bentuk aktivitas ini adalah cara yang bagus untuk memiliki tubuh kuat dan bugar. Panjat tebing juga diketahui membantu pelepasan adrenalin ke dalam tubuh. Panjat tebing juga adalah salah satu cara bagus untuk membangun kekuatan pada punggung, bahu, lengan, otot perut dan bahkan jari. Selain itu, pendakian secara rutin dapat meningkatkan daya tahan dan fleksibilitas otot. 
 
4. Yoga 
Berasal dari sub-benua India, yoga kini sudah memiliki beberapa gaya yang berbeda, termasuk Ashtanga, Iyengar, Bikram dan Ki. Semua gaya yoga menggunakan kombinasi berbaring, duduk, berdiri atau pose terbalik, yang disebut asanas. Meski tampaknya bukan cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot, sejumlah pose jika dipraktikkan secara teratur dapat memperkuat kaki, tubuh bagian atas dan lengan. 
 
5. Pilates 
Dinamakan seperti penciptanya, Joseph Pilates, jenis latihan ini menggunakan koordinasi napas dan gerakan untuk memperkuat dan meregangkan tubuh. Kebanyakan gerakan pilates juga mengandalkan keseimbangan, postur dan kekuatan tubuh. Jangan khawatir, untuk bisa melakukannya Anda tidak harus kuat dan fleksibel sejak awal, di dalam kelas pilates biasanya instruktur akan mengajarkan Anda bagaimana cara melakukan latihan dengan benar dan menargetkan otot-otot yang tepat. Jika rutin dilakukan, pilates akan membantu meningkatkan kekuatan otot, terutama di bagian bokong dan punggung bawah. 
 
6. Latihan beban 
Latihan beban ringan di gym atau mungkin di rumah dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Latihan lain yang juga melibatkan 'perlawanan' terhadap berat badan seperti push-up ata squat jump juga dapat membantu. Latihan beban tidak hanya akan meningkatkan kekuatan tubuh dan otot, tetapi juga dapat meningkatkan keseimbangan dan kepadatan tulang.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR