Rabu, 24 Juli 2013

13 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tekanan darah tinggi bisa berisiko terhadap penyakit mematikan seperti stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung. Konsumsi obat darah tinggi, di samping bisa menurunkan tekanan darah, juga mengandung efek samping. Tapi jangan khawatir, tekanan darah yang tinggi tak melulu harus diatasi dengan obat-obatan kimia. Terdapat 13 cara alami untuk menurunkan tekanan darah, seperti dikutip dari ABC News, Selasa (23/7/2013):  

1. Konsumsi Kentang 
"Konsumsi buah dan sayuran yang kaya potasium dengan jumlah 2.000 sampai 4.000 mg per hari, merupakan bagian penting dari program penurun tekanan darah apapun," kata Linda Van Horn, PhD, RD, profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg School of Medical. Produk yang kaya akan kalium misalnya kentang, ubi jalar, tomat, jus jeruk, pisang, kacang merah, kacang polong, blewah, melon, dan buah-buahan kering seperti plum dan kismis. 

 2. Jalan Cepat 
Pasien hipertensi yang melakukan olahraga jalan dengan langkah cepat bisa menurunkan tekanan darahnya hampir 8 mmHg per 6 mmHg. Latihan fisik seperti ini membantu penggunaan oksigen di jantung lebih efisien sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Lakukan latihan seperti ini setidaknya 30 menit dalam seminggu dengan adanya peningkatan jarak dan kecepatan berjalan, maka tekanan darah dan kesehatan jantung Anda bisa terjaga.  

3. Ambil Napas Dalam-dalam 
Bernapas secara perlahan dan melakukan meditasi seperti qigong, yoga, dan tai chi bisa menurunkan hormon stres yaitu renin, enzim pada ginjal yang bisa meningkatkan tekanan darah. 

4. Dengarkan Musik 
Menurut peneliti di University of Florence, Italia, lagu-lagu yang tepat bisa membantu menurunkan tekanan darah. Mereka meminta 28 orang dewasa yang sudah minum obat hipertensi untuk mendengarkan musik klasik, Celtic, atau India selama 30 menit setiap hari sambil bernapas perlahan-lahan. Setelah satu minggu, kadar sistolik mereka turun rata-rata sebesar 3,2 poin dan sebulan kemudian kadarnya turun sebanyak 4,4 poin.  

5. Batasi Asupan Garam 
Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin memiliki tekanan darah yang sangat sensitif terhadap garam. "Tapi karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang sensitif dengan garam, maka asupan sodiumnya harus diturunkan," kata Eva Obarzanek, PhD, peneliti gizi di National Heart, Lung, and Blood Institute. Batasan konsumsi garam yakni 1.500 mg per hari atau kurang lebih tiga per empat sendok teh. Obarzanek mengatakan sebaiknya perhatikan jumlah garam dalam makanan olahan karena dari sanalah sebagian besar garam berasal. Lebih baik bumbui makanan dengan rempah-rempah, herbal, lemon, dan campuran bumbu bebas garam.  

6. Nikmati Dark Chocolate 
Varietas dark chocolate mengandung flavanol yang membuat pembuluh darah elastis. Pada sebuah penelitian, 18 persen dari pasien yang makan dark chocolate setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. Sebaiknya konsumsi setengah ons dark chocolate setiap harinya tapi pastikan dark chocolate itu setidaknya mengandung 70 persen kakao.  

7. Beralih ke Kopi Tanpa Kafein 
 Sebuah penelitian dari Duke University Medical Centre menemukan bahwa konsumsi kafein 500 mg atau setara tiga cangkir kopi tekanan darah meningkat sebanyak 4 mmHg dan jumlah ini juga berefek pada waktu tidur. "Kafein bisa meningkatkan tekanan darah dengan memperketat pembuluh darah dan memperbesar efek stres. Ketika Anda stres, jantung akan memompa lebih banyak darah sehingga tekanan darah meningkat, terlebih lagi ditambah efek kafein tersebut," jelas penulis utama studi, Jim Lane, PhD.  

8. Minum Teh 
Peserta penelitian yang minum 3 cangkir teh kembang sepatu setiap hari selama enam minggu, tekanan darah sistolik mereka turun sebanyak 7 poin. Menurut penulis studi, fitokimia pada kembang sepatulah yang berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Kembang sepatu banyak terkandung dalam teh herbal.  

9. Kurangi Sedikit Pekerjaan 
Menurut penelitian di University of California, Irvine, bekerja di kantor lebih dari 41 jam per minggu menimbulkan risiko hipertensi sebesar 15 persen. Studi ini melibatkan 24.205 warga California. Menurut ketua peneliti, Haiou Yang, PhD, lembur membuat orang sulit berolahraga dan makan makanan sehat. Ia mengakui memang sulit mengurangi jam kerja di masa seperti ini tapi tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu ke gym atau memasak makanan sehat.  

10. Cari Bantuan Jika Mendengkur 
Mendengkur merupakan salah satu gejala obstructive sleep apnea (OSA). Peneliti dari University of Alabama menemukan bahwa banyak penderita sleep apnea memiliki kadar aldosteron yang tinggi. Aldosteron adalah hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah. Jika mengalami sleep apnea, Anda mungkin mengalami banyak gangguan saat tidur. Jika memiliki hipertensi, sebaiknya konsultasikan sleep apnea Anda agar mendapat obat untuk bisa menurunkan kadar aldosteron.  

11. Ganti Karbohidrat dengan Kedelai 
Sebuah studi dari Journal of American Heart Association, untuk pertama kalinya menemukan bahwa mengganti karbohidrat dalam menu diet dengan makanan mengandung kedelai atau susu berprotein, seperti susu rendah lemak, bisa menurunkan tekanan darah sistolik pada pasien hipertensi atau prehipertensi.  

12. Konsumsi Suplemen 
Laporan dari 12 studi menunjukkan bahwa koenzim Q10 bisa menurunkan tekanan darah hingga 17 mmHg. Antioksidan yang diperlukan untuk produksi energi bisa melebarkan pembuluh darah. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter berapa miligram suplemen yang harus dikonsumsi setiap harinya.  

13. Minum Sedikit Alkohol(Khusus Muslim tidak diperbolehkan apapun alasannya
Menurut laporan dari 15 studi, semakin sedikit Anda minum alkohol, semakin rendah tekanan darah Anda. Sebuah penelitian terhadap wanita di Boston's Brigham and Women's Hospital menemukan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedikit sebanyak satu hingga satu setengah alkohol per hari bisa mengurangi tekanan darah dibanding mereka yang tidak minum. Takaran 'minuman' tersebut terdiri dari 12 ons bir, 5 ons anggur, atau 1,5 ons spirit. Penelitian lain juga menemukan bahwa minum alkohol dalam jumlah sedikit bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada pria dan wanita. "Alkohol dalam jumlah banyak memang merugikan, tapi dengan jumlah sedikit, itu akan melindungi jantung," kata Obarzanek.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Radian Nyi Sukmasari - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR