Senin, 05 Maret 2012

Pilih Makanan yang Tepat Agar Tak Galau di Sisa Akhir Pekan


Jakarta, Akhir pekan yang seharusnya diisi hal-hal menyenangkan bersama pasangan, kadang malah bikin galau bagi yang masih melajang. Agar tidak mudah stres atau mengalami gangguan jiwa yang lain, sesuaikan pilihan makanan sebelum terlambat.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang mengalami hal buruk di malam Minggu seperti bertengakar dengan pasangan atau justru karena tidak punya pasangan. Apapun peyebabnya, kegalauan ini bisa

memicu stres dan sangat mengurangi produktivitas saat harus mulai bekerja pada awal pekan berikutnya.

Beberapa pilihan makanan yang perlu dicoba untuk menyelamatkan sisa akhir pekan dari kegalauan seperti dikutip dari Indiatimes, Minggu (4/3/2012) adalah sebagai berikut.

1. Penangkal Stres

Salah satu pemicu stres adalah kerusakan oksidatif di otak, sehingga penangkalnya tidak lain adalah makanan dengan kandungan antioksidan yang cukup. Buah-buahan segar adalah sumber antioksidan terbaik, selain juga mengandung serat dan karetoneid yang turut melindungi otak dari kerusakan.

Jika senang minum kopi atau teh, batasi agar tidak berlebihan karena kafein bisa menyebabkan gangguan tidur dan akan memperparah kerusakan oksidatif di otak saat stres. Akan lebih baik jika diganti dengan teh hijau, karena mengandung lebih banyak antioksidan dan flavanoid.

2. Penangkal Depresi
Kandungan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan diyakini sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf, sehingga lebih tangguh menghadapi stres dan kemungkinan mengalami depresi. Dua porsi makanan yang mengandung minyak ikan atau biji rami cukup efektif menangkal depresi.

Selain itu, risiko depresi juga banyak dikaitkan dengan kerusakan pada kelenjar adrenal. Makanan-makanan yang mengandung vitamin B3 seperti toge, kacang, daging dan juga telur ayam bisa memperbaiki fungsi kelenjar adrenal sehingga tidak mudah mengalami depresi.

3. Penangkal Hiperaktif

Hiperaktif dan susah memusatkan perhatian juga termasuk ciri-ciri orang sedang galau. Menurut sebuah penelitian di Mumbai India, gejala yang mirip seperti gangguan tumbuh kembang pada anak ini bisa diredakan dengan kandungan senyawa Gamma amino butyric acid dalam buah kenari dan pegagan.

4. Penangkal Kegelisahan

Gula dan karbohidrat sederhana merupakan jenis makanan yang harus dikurangi saat suasana hati sedang gelisah, sebab jenis makanan tersebut membuat otak susah konsentrasi. Pilihan terbaik saat hati sedang gelisah adalah cokelat hitam, sebab di dalamnya terkandung flavanoid yang berkhasiat memperbaiki mood.

Sumber AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR