Senin, 01 November 2010

Lindungi Tubuh dari Penyakit Dengan 9 Cara Berikut

CUACA ekstrem dan tak jelas yang melanda Tanah Air akhir-akhir ini menimbulkan permasalahan di berbagai sektor termasuk kesehatan. Berikut beberap tips yang akan membantu kita untuk melindungi tubuh dari penyakit yang bisa saja mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

1. Kurangi makanan berlemak
Makanan berlemak dapat membuat fungsi sistem imun kita berkurang sehingga tubuh terasa lebih lemas dan lamban. Dengan mengurangi asupan lemak, sel T lymphocytes akan berfungsi lebih maksimal sehingga mampu menangkal segala infeksi yang mungkin menyerang tubuh. Usahakan

tubuh mendapat asupan lemak sebesar 20-30 persen per harinya, lebih baik dari lemak tak jenuh. Lemak jenis ini dapat ditemukan pada minyak zaitun, alpukat, dan selai kacang. Juga hindari lemak tak jenuh pada susu, mentega, dan daging.

2. Perbanyak protein
Asam amino pada protein diibaratkan seperti dinding pelindung sistem imun kita dengan menghasilkan sel darah putih dan zat antibodi. Bagi kaum perempuan, disarankan mengonsumsi sekitar 50 gram protein per harinya dari beberapa makanan seperti ikan, daging unggas tanpa kulit, telur, kacang, daging sapi rendah lemak, atau produk kacang kedelai.

3. Banyak bergerak
Menurut beberapa penelitian, terbukti bahwa gerakan tubuh berupa jalan ringan, bersepeda, atau berenang selama 45 menit selama lima kali per minggu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkecil risiko terkena penyakit hingga 50 persen.

4. Bermusik
Hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Johann Wolfgang Goethe di Frankfurt memperlihatkan bahwa menyanyi mampu meningkatkan suasana hati bahkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tak mudah terserang penyakit. Pada penelitian lain di Universitas Willamette, Salem, Oregon, ditemukan ketika seseorang tengah memainkan alat musik seperti perkusi, drum lalu bernyanyi mengiringinya, tingkat konsentrasinya bertambah lebih besar ketimbang yang hanya mendengarkan musik.

5. Sayangi hewan peliharaan
Mungkin ini tampak aneh, tapi nyata. Dari hasil penelitian yang diadakan di Universitas Wilkes, diketahui bahwa membelai anjing selama 18 menit membantu meningkatkan sekretori imunoglobulin (IgA) yang membantu melindungi tubuh dari kuman. Selain itu, membuat hewan peliharaan merasa senang, kita pun akan turut senang karena memicu pelepasan bahan kimia ke dalam otak yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Maka itu, sering-seringlah membelai dan memberi makan hewan peliharaan Anda

6. Makanan tiga warna
Sayuran dan buah berwarna merah, oranye, kuning, dan hijau kaya akan karotenoi yang membantu sel imun melindungi tubuh dan membunuh virus. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung antioksidan dan vitamn A serta C yang memperkuat sel sehingga mereka mampu menangkal berbagai bakteri jahat.

7. Makan bakteri baik
Produk yang mengandung probiotik tertentu telah terbukti mampu mencegah atau mengurangi masalah gastrointestinal, urogenital, dan masalah pernapasan. Pilihlah makanan atau suplemen berprobiotik yang mengandung Lactobacillus rhamnosus GR-1 atau GG, L casei Immunitas, dan Bifidobacterium animalis DN 114 001. Jangan langsung percaya dengan produk bertuliskan ‘probiotik’ atau ‘acidophilus’.

8. Hindari tidur larut malam
Usahkan tidur tidak terlalu malam agar energi tubuh terisi kembali. Dsarankan, sebaiknya tidur selama 7-8 jam. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa perempuan yang beristirahat cukup memiliki sel darah putih pelindung tubuh yang lebih banyak ketimbang yang kurang istirahat.

9. Salurkan hobi
Lakukanlah kegiatan yang merupakan hobi atau seseuatu yang senang Anda lakukan seperti melukis atau bermain puzzle setiap hari. Dengan begitu, tingkat stres Anda akan berkurang karena sel imun bersirkulasi meningkatkan hormon kortisol sehingga tubuh Anda pun terhindar dari kuman.

sumber: prita daneswari, mediaindonesia.com / resep.web.id

1 komentar:

haryoshi mengatakan...

thanks for this information.

visit me ok...
fmipa unand

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR