Senin, 21 Oktober 2013

Ini Dia 10 Cara Menghindari Flu Saat di Kantor

Jika seorang teman kantor Anda sakit flu, besar kemungkinan esok harinya giliran Anda yang tidak enak badan dan ikut jatuh sakit. Meski Anda langsung mengonsumsi vitamin C agar tidak tertular, tetap saja virus itu dapat menyelinap masuk ke dalam tubuh. Saat seseorang sedang sakit flu, maka seluruh lingkungan di ruangan kantor berpotensi menjadi tempat singgah virus untuk berpindah ke tubuh orang yang sehat. 

Mulai dari telepon meja, mesin pendingin ruangan, mesin fotokopi, dan lain-lain. Charles Gerba, seorang 'pakar kuman' sekaligus profesor di University of Arizone, mengatakan bahwa saat musim sakit flu, sekitar 1/3 lingkungan kantor diendapi kuman penyebab sakit flu. Terlebih lagi ruangan kantor yang sirkulasi udaranya buruk, serta kantor yang interaksi antar karyawannya sangat intens. 

Tak heran jika seseorang yang paling sehat sekalipun bisa ikut-ikut sakit flu. Virus flu seringkali menginfeksi saluran pernapasan dan pencernaan manusia, menurut dr Linda Hui, kepala fisikawan di Matilda Medical Centre di Hong Kong. Virus ini menyebar melalui bersin, batuk, bicara, bahkan melakukan kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi virus flu tersebut. Lantas bagaimana cara melindungi diri dari virus flu? Berikut adalah 10 tip bagi Anda, yang dikutip detikHealth dari AsiaOne, Senin (21/10/2013).  

1. Bersihkan segala permukaan benda 
Gunakan cairan disinfektan untuk membersihkan berbagai macam permukaan benda di kantor Anda. Mulai dari permukaan meja, komputer, telepon, sampai pegangan pintu. Ini salah satu usaha membunuh bakteri dan virus yang menempel di sana. Demikian saran dr Shiv Gill dari My Health Partners Medical Clinic.  

2. Buang sampah 
Pastikan semua tempat sampah di ruangan kantor Anda dikosongkan secara rutin. Sampah, terutama sampah tisu bekas digunakan orang flu, adalah sumber penyebaran virus di lingkungan kantor. Dr Hui mengatakan tempat sampah yang bertutup lebih baik daripada yang terbuka.  

3. Jadikan kesehatan sebagai prioritas 
Walaupun Anda yakin diri Anda sehat, jangan lengah dan mengabaikan imunitas tubuh. Dr Gill menyarankan saat seseorang di kantor sakit flu, maka karyawan lainnya harus lebih kuat membentengi imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk vitamin dan makanan yang kaya mineral. Jangan lupakan pula olahraga dan tidur yang cukup.  

4. Jangan sisakan apapun di pantry 
Jangan tinggalkan cangkir dengan sisa kopi di pantry, apalagi jika sampai dibiarkan semalaman. Segera bersihkan, cuci, dan keringkan peralatan makan setelah digunakan. Pastikan Anda juga mencucinya kembali sebelum menggunakannya lagi.  

5. Kontrol kualitas udara 
Tidak ada salahnya membeli penyegar ruangan portable (portable air purifier). Dr Gill mengatakan, benda ini efektif untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.  

6. Lakukan sikap yang tepat menghadapi teman yang sakit flu 
Apabila Anda sakit flu, jangan paksakan diri tetap bekerja. Sebab selain bisa menulari orang lain, penyembuhan pun akan menjadi lebih lama. Namun jika ada teman Anda yang tetap bekerja saat sedang flu, dr Gill menyarankan untuk sementara mengurangi kontak dengannya. Berkomunikasilah menggunakan telepon atau e-mail. Kalaupun harus bertatap muka, usahakan Anda dan teman Anda mengenakan masker untuk mencegah penularan virus melalui udara.  

7. Jangan sentuh wajah Anda 
Menyentuh wajah, terutama bagian hidung dan mulut, akan memperbesar potensi penularan virus flu yang terbawa tangan Anda.  

8. Vaksin 
Dr Hui menyarankan vaksin flu sebagai upaya pencegahan penularan sakit flu. Namun jangan sembarang melakukan vaksin. Konsultasi lah terlebih dahulu dengan dokter Anda. Kata dr Gill, vaksin flu bisa dilakukan orang berusia di atas 60 tahun, para traveller, pekerja medis, ibu hamil, dan mereka yang memang kondisi kesehatannya lemah. Meski begitu, vaksin flu pun tidak menjamin Anda bebas dari serangan sakit flu. 9. Cuci tangan Ini adalah hal termudah menghindari flu yang paling sering dilupakan. Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air selama lebih kurang 15 detik. Lakukan ini setelah memegang benda-benda yang digunakan bersama-sama seperti kulkas, telepon, gagang pintu, dan lain-lain.  

10. Buka pintu dan jendela 
Jika pendingin ruangan kantor Anda bukan AC sentral, sempatkan pintu dan jendela untuk terbuka selama beberapa saat. Hal ini akan memperbaiki ventilasi dan sirkulasi udara di dalam ruangan. Demikian dikatakan Lee Yuan Kun, profesor dari Department of Microbiology di National University of Singapore. Ia menambahkan bila ventilasi ruangan baik, maka virus tidak akan 'berputar' di dalam ruangan dan menyerang Anda.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Vela Andapita - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR