Selasa, 31 Maret 2009

TipS Blogging: PrOmOsi bloG baRu ZeRo To HeRo | For Newbie PArt 2

Melanjutkan dari posting sebelumnya yaitu Cara Promosi blog Untuk Pemula. Sekarang, kita lanjutkan ke bagian duanya.
Jika anda sudah lama berkecimpung dalam dunia internet, pasti anda telah menemukan ribuan blog. Sebenarnya jumlah blog tiap hari semakin meningkat. Saya tahunya ada 500 blog baru muncul setiap harinya. Itu menurut saya dan juga dari sumber terpercaya ( teman saya -Aditya www.nafasku.com Magazine ). Dari kesekian puluh ribu blog itu, anda harus bisa menyaingi mereka. Agar blog anda selalu diingat, dan sering dikunjungi orang. Yang membuat kita semangat adalah ketika ratusan pengunjung datang ke blog kita dalam waktu sehari. Jika anda perhatikan blog teman saya (nafasku.com Magazine), baru 2.5 bulan pengunjungnya telah mencapai 1000++ pengunjung perhari dari IP unik yg berbeda-beda. Artinya, pengunjung blog tersebut dari berbagai daerah di pelosok nusantara. Jangan berkecil hati, anda pun bisa melakukan hal serupa dan menyaingi jutaan situs dan blog yg ada saat ini. Mari kita pelajari Cara Promosi Blog yg masih baru | FROM ZERO TO HERO

* Ikut aktif di Forum. Ikut aktif di forum bisa jadi cara yang ampuh. Tapi jangan sembarang pilih forum. Pilih forum yang memiliki banyak anggota. Lalu aktiflah ikut cuap-cuap di sana. Jangan malu juga menunjukkan kelebihan anda. Buat semua member forum jadi tahu kalau anda punya suatu kelebihan. Dan jangan lupa sisipkan nama blog anda setiap habis memberi komentar. Dengan cara ini blog anda akan lebih cepat dikenal. Anggota member forum akan berbondong-bondong mendatangi blog anda. Selain karena penasaran, mungkin mereka mau kenalan lebih dalam dengan anda.
* Berkomentar di blog yang ramai dan usahakan jadi komentator pertama. Cara lainnya, cari blog yang ramai pengunjungnya dan begitu ada posting baru segera beri komentar. Dengan begitu banyak keuntungan yang bisa anda dapat. Selain bisa berkenalan dengan pemilik blog, juga jadi tambah kawan dari blogger lainnya, dengan memberi komentar di awal membuat akan sering dibaca oleh pengunjung berikutnya. Ingat, selain membaca artikel, pengunjung juga suka membaca komentar! Kalau mereka tertarik dengan komentar anda, mereka pasti akan datang ke blog anda.
* Gabung dengan carnival blog. Blog komunitas jenis ini adalah blog yang terdiri dari beragam blog dengan beragam topic artikel. Bingung? Gampangnya ingat-ingat kalau pas ada karnaval lewat di depan rumah. Pesertanya pasti bermacam-macam. Ada yang jadi polisi, dokter, dan lainnya. Begitupun dengan blog jenis ini. Isinya bermacam-macam. Dan terkadang diformat seperti majalah. Yang dalam setiap edisinya terdiri dari berbagai tulisan dari berbagai blog. Ikut gabung saja blog anda ke dalamnya. Salah satu contoh carnival blog seperti ini.
* Gabung dengan blog network. Untuk memperluas jaringan anda bisa manfaatkan blog network. Blog network yang cukup baik seperti ini dan ini.
* Daftarlah di blog directory. Biar pengunjung mudah menemukan blog anda, tak ada salahnya mendaftarkan blog anda di blog directory. Banyak macam blog directory yang bisa anda pilih. Coba ketik di search engine kata “blog directories”, dan pilih blog directory yang ramai dan bonafid.
* Daftar di article directories. Artikel terbaik anda bisa didaftarkan di article directories. Sehingga lebih banyak lagi pembaca yang tahu tentang anda. Tunjukkan kepakaran anda dalam tulisan tersebut, supaya pembaca tertarik untuk datang ke blog anda. Cari article directories yang anda suka di Google atau Yahoo.
* Daftar di Google Sitemaps. Supaya blog yang anda buat bisa lebih bersahabat dengan Google, anda bisa manfaatkan Google Sitemaps.
* Berikan hadiah. Jangan pelit-pelit! Berikan pengunjung blog anda hadiah jika mengunjungi blog anda. Hadiah seperti ebook atau yang lainnya, akan mempererat hubungan dengan pembaca blog anda. Sehingga blog anda bisa cepat ramai.
* Buat hubungan dengan blogger lain. Ini memang resep kuno, tapi selalu terbukti manjur. Punya banyak teman akan sangat menguntungkan anda. Jalin hubungan dengan blogger lain. Kunjungi blog mereka dan beri komentar. Amati selalu perkembangan blog mereka dan beri tanggapan. Ini untuk menumbuhkan ikatan bagi sesama blogger.
* Ikuti juga mailing list. Milis juga bisa mendongkrak pengunjung blog anda. Cari milis yang sesuai dengan topik blog anda dan anggotanya banyak. Cari di yahoogroups. Dan begitu bergabung, aktiflah di sana. Bukan cuma mempromosikan tentang blog yang anda buat, tapi juga bagikan pengetahuan anda. Kalau bisa, buat diri anda sebagai master di milis tersebut sebagai tempat bertanya member lainnya. Pasti nantinya member tersebut akan datang ke blog anda.
* Manfaatkan social media. Selain bergaul dengan sesama blogger, media sosial juga bisa anda manfaatkan. Facebook misalnya bisa anda gunakan untuk mencari dan mengumpulkan teman-teman lama anda. Myspace dan Friendster juga bisa anda coba.
* Jawab di Yahoo Answer. Sesekali kunjungi Yahoo Answer dan jawab pertanyaan di sana. Selain untuk meningkatkan kredibilitas anda, juga biar anda lebih cepat terkenal.

Sekian dulu tips promosi blog yg masih newbie dari saya. Artikel ini bisa anda temukan banyak di beberapa blog. Saya bukannya menggurui anda, tetapi inilah cara-cara yg biasa dipakai blogger.

Apakah anda sudah mengerti sampai disini?

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR