Senin, 02 Juni 2014

Agar Kuman Lenyap, Begini 10 Kiat Cuci Tangan yang Benar (2)

Mencuci tangan adalah cara paling ampuh untuk mencegah berbagai macam penyakit. Badan pusat pengendalian penyakit di Amerika bahkan menyatakan cuci tangan sebagai 'vaksinasi' mandiri yang bisa dilakukan kapan saja. Penelitian pun menunjukkan, orang yang mencuci tangan sebanyak empat kali sehari cenderung lebih jarang sakit ketimbang orang yang jarang mencuci tangan. Sayangnya, banyak orang yang tak terbiasa mencuci tangan, termasuk tenaga medis profesional. Mereka yang kerap mencuci tangan pun belum tentu melakukannya dengan benar. Padahal agar kuman tak menyerang dan penyakit terusir jauh, cuci tangan harus dilakukan dengan benar. Lanjutan dari artikel sebelumnya, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci tangan, seperti dilansir ABC Australia, Rabu (28/5/2014). 

1. Temperatur air yang tepat 
Air bersuhu panas memang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit, tetapi air bersuhu 80°C tentu dapat menimbulkan luka bakar. Ketimbang menggunakan air panas, lebih baik untuk mencuci tangan dengan air hangat lantas menyempurnakannya dengan sabun. Selain bersih dan ramah pada minyak alami kulit, mencuci tangan dengan air hangat akan terasa lebih menyenangkan untuk dilakukan. 
 
2. Selalu ingat untuk membilas 
Begitu sabun dan gesekan berhasil meluruhkan kotoran dan kuman di tangan, bilaslah tangan dengan air yang mengalir. Ingat, harus air bersih yang mengalir.
3. Trik saat tak ada air 
Cairan pensteril tangan atau hand sanitiser berbasis alkohol sangat berguna ketika Anda ingin membersihkan tangan dan tak menjumpai air. Agar bersih sempurna, disarankan untuk menggunakan produk pensteril dengan kandungan alkohol 60 persen. Meski terkadang dapat menyebabkan kulit terasa kering, membersihkan tangan dengan gel pembersih dapat memangkas waktu pencucian tangan, lho. 
 
4. Mengeringkan tangan dengan benar 
Cara terbaik untuk mengeringkan tangan memang masih menjadi perdebatan. Menggunakan mesin pengering, misalnya. Mesin pengering memang dapat mengeringkan tangan dengan baik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa angin mesin pengering justru dapat melontarkan mikroba hingga dua meter jauhnya. Itulah mengapa beberapa 
 
5. Menjauhkan tangan dari wajah Cara paling mudah bagi penyakit untuk masuk ke dalam tubuh ialah melalui tangan. Sekali tersemat di tangan, virus dapat dengan mudah berpindah ke mulut, hidung, atau mata, lalu masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa Anda sebaiknya menjauhkan telapak tangan dari wajah. Bahkan jika tangan Anda kotor, kuman tak akan dapat menginvasi tubuh jika tangan tidak menyentuh wajah atau makanan.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Muamaroh Husnantiya - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR