Jumat, 12 Agustus 2011

5 Tips Usir Bau Mulut Saat Berpuasa


Bagaimana sih mencegah bau mulut saat sedang menjalani ibadah puasa? Pertanyaan tersebut seringkali menjadi pertanyaan sebagian besar orang yang menjalankan ibadah puasa. Bagi beberapa orang bau mulut cukup mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Terutama saat harus berbincang dekat dengan lawan bicara, tentunya Anda tak ingin membuatnya kurang nyaman, kan?

Bau mulut tak sedap disebabkan karena


banyaknya bakteri yang bersarang di dalam mulut. Bakteri ini betah berada di sana karena mulut dibiarkan kering selama berjam-jam tanpa ada makanan atau minuman yang masuk. Dalam kondisi berpuasa, produksi air liurpun berkurang, dan bakteri jadi menumpuk. Selain itu, bau mulut atau halitosis ini juga disebabkan karena lambung berada dalam kondisi kosong untuk waktu yang lama, sehingga merangsang timbulnya aroma yang kurang sedap.

Walaupun demikian, puasa merupakan ibadah wajib yang harus kita jalankan. Untuk itu Anda bisa mencoba beberapa trik agar puasa tetap berjalan dan bau mulut enggan bertahan.

1. Berwudhulah
Wudhu adalah salah satu cara menjaga kesehatan mulut saat kita sedang berpuasa. Berkumur saat wudhu diperbolehkan, asal tidak dengan cara yang bisa membatalkan puasa. Dengan kata lain, kita juga dihimbau untuk rajin menjalankan ibadah salat. Selain menjaga kebersihan tubuh dan mulut, salat juga menjaga kebersihan batin.

2. Hindari makanan berbau tak sedap

Saat berbuka atau sahur, hendaknya menghidangkan makanan kaya serat yang tidak menimbulkan bau tak sedap, seperti jengkol, petai, bawang, dan durian. Menu tersebut justru akan memperparah bau mulut.

3. Konsumsi air mineral yang cukup
Walaupun sedang berpuasa, tubuh tak boleh kehilangan cairan. Disarankan untuk mengonsumsi 4 gelas air saat berbuka dan 4 gelas air saat sahur agar kebutuhan air tetap tercukupi.

4. Menyikat gigi rutin

Walaupun rasa kantuk menyerang setelah berbuka sahur, hindari kebiasaan langsung melanjutkan tidur. Sikat gigi dan berkumurlah agar sisa makanan tidak memicu pertumbuhan bakteri berlebih di dalam mulut.

5. Periksakan kondisi kesehatan gigi
Bau mulut juga dapat disebabkan oleh gigi berlubang, adanya plak/ karang gigi atau gigi yang rusak. Untuk itu, kunjungi dokter gigi setelah berbuka, agar kondisi kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga saat berpuasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa bersama keluarga.

sumber: kapanlagi.com / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR