Kamis, 26 Juni 2014

Rutinitas Terasa Membosankan? Lakukan Hal Ini Agar Otak Kembali Fresh

Ada kalanya saat tengah beraktivitas di kantor ataupun sekolah, seseorang mengalami penurunan kinerja otak, menjadi malas dan lambat. Jika hal itu terjadi, mungkin saja Anda sudah bosan dengan rutinitas yang dilakukan hingga membuat pikiran penat. Meski begitu, ada lho beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi rasa bosan akibat rutinitas yang dilakukan sehingga otak bisa kembali segar, seperti dirangkum detikHealth, Selasa (24/6/2014): 

1. Minum 
Kadang otak membutuhkan energi lebih untuk memicu kinerjanya. Nah, ada beberapa minuman yang baik dikonsumsi supaya tetap bugar dan memicu semangat. Tetap terhidrasi dengan mengonsumsi cukup air bermanfaat untuk mensuplai oksigen dalam otak sehingga otak terasa lebih segar. Selain itu, air juga berfungsi sebagai alat detoksifikasi. Chai atau teh mandarin ini bisa dicampur dengan susu biasa atau susu low fat. Campuran minuman ini bisa menajamkan indra dan membangunkan otak. Dalam batas tertentu, penelitian menyebutkan minuman mengandung kafein misalnya secangkir kopi baik untuk mengusir rasa malas. Jika ingin sesuatu yang dingin, smootihies bisa jadi pilihan. Sebab, sedikit protein yang terkandung dalam campuran buah-buahan dan yoghurt ini membuat otak anda kembali bekerja dalam waktu singkat. Teh ginko biloba atau teh gingsens juga bisa membantu meningkatkan aliran darah, memori dan kewaspadaan, serta meningkatkan ketajaman mental, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi kelelahan.
2. Makan 
Ada beberapa asupan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan memicu kerja otak. Misalnya saja kayu manis, peppermint, alpukat, serta makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayuran. Selain itu, nutrisi baik yang terdapat dalam minyak ikan merupakan suplemen terbaik bagi tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan jasmani saja, minyak ikan juga baik untuk meningkatkan kekuatan otak. Dua setengah porsi biji-bijian setiap hari secara signifikan mengurangi risiko stroke dan menjaga otak dalam selalu dalam keadaan prima. Minyak zaitun juga berguna untuk memecah gumpalan di pembuluh kapiler dan umumnya membantu dengan aliran darah. Nah, makanan yang mengandung kakao, seperti cokelat, dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan memori dan endorfin sangat berguna untuk mendorong otak agar lebih aktif. 

3. Pelajari hal-hal sederhana dan seru 
Saat sedang bosan, mempelajari hal-hal sederhana juga bisa membuat bersemangat kembali. Doodle atau mencoret-coret sesuatu bisa membuat otak lebih aktif dan mengasah kreativitas, berapapun usianya. Ada pula alternatif lain yaitu mendengarkan musik. Mendengarkan Mozart membantu mengaktifkan otak dan mendorong kerja lebih maksimal. Belajar bahasa asing juga tak ada salahnya Anda coba. Sebab, mendengarkan sedikit bahasa asing atau belajar dari website online merupakan cara asyik untuk meningkatkan kinerja otak anda. Cara yang paling simpel, ganti tangan. Lakukan hal-hal sederhana dengan tangan kiri. Penelitian menunjukan hal ini akan memicu otak kanan bekerja pula. Kemudian, lupakan sejenak kalkulator dan cobalah menghitung angka-angka yang sulit dengan matematika yang rumit membuat otak berpikir dan bekerja kembali.

4. Bermain Video Games 
Bermain video games meningkatkan kinerja otak. Bahkan penelitian menunjukan bahwa bermain video games dapat mengurangi potensi terserang alzheimer. Ada beberapa jenis permainan yang bisa mengaktifkan kinerja otak diantarany brain games atau trivia.
5. Aktivitas sederhana di luar rumah 
Aktivitas fisik yang menstimulasi aliran darah membuat Anda lebih gembira. Ketika otak Anda mulai kelelahan, berdiri dan berjalan-jalan berguna untuk mendapatkan sirkulasi darah dan otak bekerja kembali. Nah, daripada menggunakan lift lebih baik menggunakan tangga untuk supaya darah mengalir dan memompa otak. Ada pula beberapa cara menyenangkan untuk menyegarkan otak seperti yoga, berenang, bersepeda, atau menari. Jika sedang di rumah tak ada salahnya melakukan kegiatan seperti memotong rumput, menyapu halaman, atau hanya mengambil ranting yang jatuh di halaman adalah cara-cara yang bagus untuk bergerak dan membangun pikiran Anda. Seks juga bisa jadi pilihan. Dengan menikmati seks dengan pasangan tidak hanya akan merangsang indera tetapi juga membantu mempertajam pikiran melalui manfaat dari 
 
6. Aktivitas dalam rumah 
Banyak hal seperti mengakses berita online, duduk dengan sebuah buku yang bagus, atau membaca majalah gosip terbaru yang bisa membuat mood anda jauh lebih baik. Pilihan lainnya yaitu merajut. Ketika merajut, selain mempelajari keterampilan baru, kadang saat melakukan aktivitas ini sebagai kegiatan refleksi sederhana. Anda juga bisa mencoba beberapa latihan relaksasi tubuh akan merasa lebih tenang dan otak lebih terfokus. Misalnya saja meditasi untuk meningkatkan fokus dan menghilangkan stres.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Dea Peni Larasati - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR