Jumat, 01 Mei 2015

Wow... Ternyata Manfaat Buah Sawo Banyak Sekali

Mungkin sebagian dari anda tidak mengetahui buah yang satu ini. hal ini wajar karena buah sawo menjadi salah satu buah yang langkah. Saat ini buah sawo hanya bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional dan itu juga pada musim-musim tertentu saja. Tanaman sawo merupakan tanaman yang asalnya dari Meksiko tepatnya Guatemala dan juga dari Hindia Barat. Dibawa oleh penjajah Spanyol, akhirnya buah ini sampai ke Filipina yang kemudian menyebar masuk ke Asia Tenggara, termasuklah di Indonesia. tidak heran jika di Asia Tenggara jenis buah sawo ini dikenal dengan sebutan Sawo Manila atau nama latinnya ialah Manilkara Zapota. 

Buah yang satu ini tidak hanya merupakan buah murah yang dijualnya di pasar tradisional saja, namun juga ada banyak sekali manfaat buah sawo ini. nah, apa sajakah khasiat atau manfaat dari buah sawo ini? Silahkan penjelasannya dibawah ini :  

Manfaat Buah Sawo yang Banyak Sekali 

 1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi 
Manfaat buah sawo yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah sawo mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sehingga jika mengkonsumsi buah sawo dengan rutin dapat membantu memelihara kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi kita. Namun, meskipun buah sawo kaya akan kalsium dan fosfor, tidak pula dianjurkan balita yang mengkonsumsinya, hal ini karena akan mengganggu proses pencernaannya. Tulang yang sehat dan kuat merupakan tabungan yang sangat berharga untuk kita di hari ini dan nanti setelah tiba masa tua. Tulang yang tidak mudah rapuh akan mampu menyangga tubuh.  

2. Memelihara Mata yang Sehat 
Buah sawo memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu organ mata manusia untuk tetap sehat. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan memperbaiki sel-sel yang mata yang rusak agar pandangan tetap baik.  

3. Bagus untuk Perkembangan Anak 
Manfaat buah sawo selanjutnya ialah untuk pertumbuhan pada anak. Anak-anak di usianya yang menginjak 6 tahun sudah bisa mengkonsumsi buah sawo ini. hal ini akan membantu proses tumbuh kembang anak karena buah sawo kaya akan protein nabati. Jadi anda tidak usah ragu lagi memberi anak anda buah sawo di usia tersebut, selain itu juga buah sawo memiliki rasa yang manis seperti halnya madu yang pasti akan disukai anak anda.  

4. Baik Untuk Ibu Hamil 
Salah satu manfaat buah sawo yang paling menakjubkan adalah dapat membantu menambah nutrisi bagi ibu hamil. Seorang ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan kandungan vitamin C untuk membantunya meningkatkan ketahanan tubuh. Mengkonsumsi buah sawo merupakan salah satu pilihan terbaik karena buah ini mengandung banyak vitamin C. Selain dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh untuk ibu hamil, buah sawo juga mampu membantu mengatasi sembelin yang seringkali menyerang para ibu di masa kehamilannya.  

5. Bermanfaat Mempercantik Kulit 
Selain enak dan manis rasanya, ternyata buah sawo juga bermanfaat dalam mempercantik kulit. Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian bahwa buah sawo berkhasiat menbuat kulit terlihat bercahaya dan terjaga kelembabannya. Buah sawo yang banyak sekali mengandung vitamin E dapat mencegah terjadinya penaan dini serta keriput di kulit.  

6. Mencegah Kanker Usus 
Manfaat buah sawo yang tidak kalah hebatnya adalah dapat mencegah kanker usus. Tubuh manusia memerlukan banyak serat untuk membantu proses metabolisme berjalan dengan lanjar, terjaga, dan seimbang. Buah sawo memiliki banyak kandungan serat yang mampu mencegah kanker usus jika anda secara rutin mengkonsumsinya. 

Wow!!! Banyak sekali kan manfaat buah sawo ini. selain manfaat seperti yang di atas buah sawo ternyata selain harganya murah, juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah, loh. Jadi, jangan sungkan dan malu mengkonsumsi buah yang hanya dijual di pasar tradisional ini, ya!  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber carakudotnet / duniainformasikesehatan

1 komentar:

manfaat herbal mengatakan...

buah sawo ternyata dapat mempercantik kulit, baru tahu saya. Nice share gan.

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR