Minggu, 15 Februari 2015

5 Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan-Bahan Alami

Nyamuk adalah musuh utama manusia, karena sering mengganggu manusia melalui hisapan darahnya yang menyakitkan. Dan lebih parahnya lagi untuk jenis nyamuk tertentu dapat menyebabkan penyakit parah seperti demam berdarah ataupun malaria. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh "nyamuk malaria" dan "nyamuk aedes aegypti". 
Karena itulah membuat nyamuk menjadi musuh manusia, apalagi di musim hujan sekarang, nyamuk akan lebih cepat berkembang biak karena banyak genangan air tempat nyamuk bertelur akibat hujan tadi. Menurut situs wikipedia nyamuk adalah jenis serangga yang selalu dapat menemukan sasarannya dengan tepat karena mereka melihat dengan gerakan, panas tubuh, dan bau tubuh. Sewaktu nyamuk hinggap di tubuh dia menempelkan mulutnya yang mirip sedotan disebut juga probosis. Lalu terdapat pisau yang akan merobek kulit korban maju mundur hingga menemukan urat darah, setelah itu baru darah yang ada dihisap. 

Dalam prosesnya nyamuk juga mengeluarkan air liur yang mengandung antikoagulan untuk mencegah darah yang ia hisap membeku. Proses ini berlangsung cepat dan seolah-olah proses yang terjadi adalah nyamuk menusuk tubuh padahal tidak begitu, nyamuk membedah kita seperti layaknya dokter bedah yang cepat dan akurat. Setalah nyamuk kenyang dia akan mencabut probiosis dan terbang. Air liur nyamuk yang tertinggal di kulit korban akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan alergi, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal. 

Tahukah anda, ternyata cara yang anda gunakan untuk mengusir nyamuk selama ini banyak yang salah dan mengganggu kesehatan anda? Salah satunya dengan menggunakan lotion anti nyamuk yang mengandung bahan kimia seperti DEET (diethyl-meta-toluamide) ternyata tidak selalu efektif membunuh nyamuk dan bahkan dapat membahayakan tubuh anda. 

Menurut sebuah studi yang dilansir situs Care2, bahan kimia dapat merusak sel-sel otak, menyebabkan perubahan perilaku, dan dapat memiliki interaksi berbahaya dengan beberapa obat yang mungkin sedang dikonsumsi. Efek racun dari bahan kimia ini juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi, mutasi materi genetik, dan gangguan sistem saraf pusat. 
Maka dari itu, kita telah mencari data dari berbagai sumber untuk mengusir nyamuk tersebut dengan cara alami tentu saja sehingga tidak membahayakan tubuh anda. Dan didapatilah 5 cara mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami. 

Silahkan simak cara-caranya dibawah ini :  

1. Minyak Sereh 
Cara mengusir nyamuk yang pertama adalah dengan menggunakan minyak sereh. Pasti anda sudah tahu bukan minyak sereh ini, biasanya sering dioleskan pada bayi sehabis dimandikan. Dan ternyata cara ini banyak digunakan oleh para tua sejak dulu karena memang fungsinya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dari anak anda.  

2. Daun Kemangi 
Kemangi selain dimanfaatkan untuk pengharum makanan ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Mungkin karena baunya yang khas dan mungkin kandungan yang terdapat didalamnya. Cara menggunakannya pun cukup gampang, ambil beberapa tangkai daun kemangi tersebut kemudian oleskan di sekitar tubuh anda sehingga menghasilkan aroma khasnya. Dijamin nyamuk tidak akan berani mendekati anda. 

3. Bawang putih dan lada hitam 
Cara mengusir nyamuk berikutnya bisa dengan menggunakan bahan-bahan yang anda dapat dari dapur seperti bawang putih dan lada hitam. Dari bau yang dihasilkan bahan-bahan alami tersebut nyamuk tidak akan tahan, dan mungkin anda juga tidak akan tahan, karena bau dari bawang putih tersebut cukup tajam. Jadi cara ini kita sarankan untuk anda yang memang sudah terbiasa dengan bau bawang putih tersebut.  

4. Minyak Essensial 
Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan minyak essensial juga cukup efektif, karena menurut penelitian di Iowa State University menemukan bahwa minyak esensial lebih efektif 10 kali lipat dibanding penggunaan DEET untuk membuat nyamuk tidak berani mendekat. 

5. Cara Mengusir nyamuk dengan menggunakan lotus 
Menurut penelitian (Nelumbo nucifera) baru diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menunjukkan bahwa lotus adalah bahan pengusir nyamuk yang efektif dan juga dapat membantu membunuh larva nyamuk jika ditanam dibelakang rumah anda. 

Itulah beberapa cara mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami, dan sebenarnya masih banyak lagi bahan alami lainnya yang dapat mengusir nyamuk seperti bunga marigold, ageratum, geranium, rosemary dan tansy. Cara menggunakannya pun hampir sama, ambil sarinya kemudian oleskan pada tubuh anda. Nyamuk pasti tidak akan berani mendekati anda. 

Untuk menghindari banyaknya nyamuk dirumah anda, mungkin anda juga harus membersihkan selokan disekitar rumah anda, genangan air dan lainnya yang dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk tersebut. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah anda  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Andre Fillophy duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR