Minggu, 19 April 2015

Inilah Persiapan Jelang Melahirkan Agar Ibu Tenang

Mendekati waktu persalinan banyak hal yang harus ibu hamil persiapkan. Agar ibu tenang melahirkan dan nggak kerepotan saat merepotkan, yuk mulai siapkan mulai sekarang!  

1. Reservasi Kamar di Rumah Sakit 
Kamu sudah tahu dokter kandungan dan rumah sakit yang tepat untuk melahirkan. Tapi sudahkah kamu reservasi kamar untuk bersalin? Karena, bila nggak dipesan jauh-jauh hari, bisa jadi kamu tidak mendapatkan kamar yang kamu inginkan. Untuk menghindari mendapatkan kamar seadanya yang membuatmu uring-uringan dan justru memberi dampak buruk untuk kondisi psikis dan mental ibu serta bayi, lebih baik pesanlah kamar dari sebulan sebelum tanggal perkiraan melahirkan. FYI, di beberapa rumah sakit, kamu bisa mendapatkan potongan harga dan beberapa keuntungan lainnya jika memesan kamar dari jauh-jauh hari.  

2. Pompa ASI 
Sebelum melahirkan, pastikan juga kalau kamu sudah memiliki pompa ASI. Menurut salah satu konselor laktasi di Rumah Sakit Hermina Pasteur, Bandung, bila pada hari kedua ASI belum juga keluar, maka segera pompa dengan alat bantu atau tangan, agar payudara lebih aktif memproduksi ASI. Walau di rumah sakit khusus ibu dan anak memang menyediakan pompa ASI, tapi lebih nyaman menggunakan milik kita sendiri, kan?  

3. Korset 
Keadaan perut yang selama 9 bulan terakhir meregang karena bayi dalam perut terus membesar, pasti akan membuat keadaan perut menjadi bergelambir dan nggak kencang setelah melahirkan. Tapi, menyediakan gurita atau korset bukan hanya untuk alasan estetika lho, tapi juga untuk kenyamanan kita karena kondisi perut dan rahim yang masih dalam kondisi penyembuhan, butuh penyangga agar perut kamu nggak sakit saat berjalan.  

4. Baju Kancing Depan 
Di rumah sakit memang disediakan pakaian untuk pasiennya, namun bisa saja itu kurang nyaman di tubuh kita atau untuk menyusui. Belum lagi, kamu akan menerima tamu yang menjenguk yang tentu saja kamu nggak ingin terlihat kusut dan berantakan. Siapkan beberapa potong sleepwear -bukan piyama karena mengenakan celana setelah melahirkan itu nggak nyaman- disesuaikan dengan perkiraan proses persalinan yang akan kamu jalani. Siapkan juga pakaian untuk pulang yang nyaman dan mudah dikenakan. Pastikan pakaian-pakaian yang kamu bawa itu berkancing depan agar mudah saat menyusui, berbahan nyaman, dan longgar agar mudah dikenakan.  

5. Keperluan Pribadi Ibu 
Jangan selalu mengira bahwa semuanya akan disiapkan oleh rumah sakit. Walau sudah tertulis di paket persalinan yang kamu pesan bahwa akan disiapkan alat mandi, tapi membawa pembalut, alat-alat mandi, dan handuk sendiri, adalah hal wajib demi kenyamananmu selama di rumah sakit. Selain itu, bawa juga sandal jepit untuk dipakai selama berada di sekitar rumah sakit dan untuk ke kamar mandi.  

6. Nipple cream 
Hari-hari pertama menjadi ibu, kamu akan menjalani momen pengenalan masa menyusui yang nggak selalu berjalan lancar. Apalagi, para suster dan dokter akan terus menyuruh sang ibu untuk sering-sering menyusui bayinya agar ASI lancar dan kuantitasnya bertambah. Jadi, kemungkinan lecet atau perih pasti ada, sehingga menyiapkan nipple cream adalah langkah yang tepat.  

7. Tanda pengenal 
Hal terakhir yang perlu disiapkan dan terkadang lupa disiapkan, yaitu tanda pengenal. Asal tahu saja, mulai dari kamu masuk ke rumah sakit untuk observasi prakelahiran, hingga menyelesaikan pembayaran jasa rumah sakit, semuanya membutuhkan tanda pengenal sebagai bukti. Belum lagi, tanda pengenal suami istri diperlukan agar rumah sakit bisa segera mengurus akte kelahiran si kecil. Jadi, pastikan kalau tanda pengenalmu dan pasangan memang ada di tangan, nggak sedang dititipkan pada orang lain atau bahkan hilang.  

8. Stok Makanan 
Setelah melahirkan, kamu dan pasangan pasti akan disibukkan dengan aktivitas mengurus bayi baru lahir. Tidak jarang pasangan yang baru memiliki anak tidak sempat untuk menyiapkan makanan. Padahal ibu yang melahirkan harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mendukung aktivitas dan proses menyusui. Nah, kamu bisa mulai menyetok makanan di dalam kulkas. Usahakan untuk banyak menyimpan stok buah yang mudah dikonsumsi. Kamu juga bisa menyimpan roti, cokelat, dan makanan yang mudah dipanaskan. Misal makanan beku, sereal, makanan kaleng, salad sayur.  

9. Perawatan Tubuh Paska Melahirkan 
Jangan lewatkan untuk merawat tubuh setelah melahirkan. Kamu bisa memilih paket perawatan tubuh paska melahirkan dengan ahli memijat khusus. Pijat tradisional ini akan membuat kamu merasa nyaman. Kamu juga bisa pergi ke salon terdekat untuk mendapatkan relaksasi. Karena setelah melewati proses persalinan yang melelahkan ibu membutuhkan waktu untuk rileks. Pijat tubuh, creambath, manicure, padicure bisa menjadi pilihan untuk membuat kamu kembali segar. 

 Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber fimela.com / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR