Rabu, 06 Agustus 2014

Manfaat Sehat Bawang Merah: Cegah Gigi Busuk Sampai Ringankan Asma

Bawang merah biasanya jarang dikonsumsi mentah-mentah karena dipercaya dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan. Tapi, tahukah Anda manfaat lain dari bawang merah selain memberikan aroma dan rasa sedap dalam masakan? Bawang merah ternyata dapat menjadi antibakterial dan detoks bagi tubuh kita. Hal ini diungkapkan oleh dr. Jonathan Stegall, seorang ahli obat-obatan dari Johns Creek GA, Amerika. "Bawang merah mengandung senyawa sulfur yang baik, itulah mengapa selain dapat mengeluarkan bau, bawang merah juga dapat dijadikan sebagai alat detoks yang bagus," ujarnya. Nah, berikut ini manfaat bawang merah bagi kesehatan seperti dirangkum detikHealth, Selasa (5/8/2014) berikut ini: 

1. Meringankan asma 
Bawang merah memiliki antihistamin karena adanya quercetin. Quercetin adalah antioksidan yang dapat melepaskan histamin, zat kimia yang dapat menyebabkan alergi. Menurut Stegall, bawang merah dapat membantu meringankan asma karena adanya antioksidan ini. "Studi menunjukan, quercetin dapat memperlebar pernapasan," ujarnya.
2. Bantu atasi kanker 
Bawang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker apalagi jika dikombinasikan dengan kunyit. Pada 2006 lalu, ‫‫Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan kombinasi dari keduanya dapat menciptakan efek yang baik untuk mengurangi ukuran dan jumlah dari induk kanker usus Selain itu, Steggal juga mengatakan dengan biasa mengonsumsi bawang akan dapat membantu mendetoks karsinogen potensial. Karena pada bawang terdapat komponen organosulfur. "Komponen ini ada di sel dinding dalam, kita dapat melihatnya saat bawang dipotong atau digigit," katanya
.
3. Kontrol gula darah 
Dengan mengonsumsi bawang bisa menurunkan level dari glukosa. Dalam bawang terdapat minyak yang dikenal dengan nama alyl propyl disulphide. Minyak ini dipercaya dapat mengobati diabetes dan mengurangi tingkat gula darah dengan menambah jumlah insulin yang tersedia. Selain itu, minyak esensial bawang ini terbukti dapat menurunkan gula darah.
4. Menyehatkan jantung 
Saat kita memikirkan makanan sehat, bawang merah tentu tidak masuk ke dalam daftar makanan. Padahal, Quercetin pada bawang juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi pada orang yang terkena hipertensi. Hal ini dipaparkan pada tahun 2007 dalam The Journal of Nutrition. Menurut Stegal,"bawang dapat mempertahankan tekanan darah menjadi normal, mencegah arteti mengeras dan membuatnya tetap elastis. 
 
5. Mencegah pembusukan gigi 
Mengonsumsi bawang mungkin dapat membuat nafas kita menjadi bau. Tapi makan bawang ternyata dapat menambah kesehatan mulut kita. Dengan mengunyah bawang dapat memperkuat gigi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan pembusukan gigi. Dua atau tiga menit mengunyah bawang dapat membunuh kuman dalam mulut.  


Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Firstrianisa Gustiawati - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR