Selasa, 06 Desember 2011

4 Rahasia Penangkal Sakit

Jakarta, Penyakit bisa datang kapan saja tanpa bisa diduga, karenanya seseorang harus menjaga kesehatan setiap saat. Ini dia 4 rahasia penangkal sakit yang bisa dilakukan.

Beberapa orang kadang heran mengapa satu orang bisa lebih mudah terkena penyakit dibanding yang lainnya. Berbagai studi dilakukan untuk mengetahui hal tersebut dan diketahui ada beberapa rahasia untuk mencegah sakit, seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (6/12/2011) yaitu:

1. Pergi dengan teman-teman untuk mendapat udara segar
Banyak yang bilang tinggal di dalam rumah bisa melindungi dari penyakit, tapi jika ada orang yang sakit maka virus dan bakteri lebih mudah menular satu sama lain karena kontaknya lebih mudah terjadi di dalam ruang tertutup.

Untuk itu tak ada salahnya pergi bersama teman-teman menikmati udara segar, selain menyenangkan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit yang nantinya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Relaksasi untuk menangkal pilek
Hal ini karena tekanan yang terjadi bisa meningkatkan kerentanan orang terkena flu yang dalam jangka panjang bisa mengeluarkan hormon stres yang ada seperti glukokortikoid. Hal ini menghambat kemampuan tubuh memproduksi sel-sel molekul yang disebut dengan sitokin yang memicu respons melawan penyakit.

Untuk itu relaksasi diperlukan untuk mengurangi tekanan atau stres yang dialami seseorang, sehingga tubuh memproduksi sitokin yang cukup untuk melawan penyakit dan meningkatkan kekebalan.

3. Rajin mencuci tangan dengan sabun
Sebagian besar penyakit akibat virus dan bakteri bisa menyebar dengan mudah melalui sentuhan jari yang nantinya megang mata, hidung atau mulut. Karenanya mencuci tangan pakai sabun menjadi cara yang paling efektif sebagai bentuk pencegahan.

Dana Simpler, MD dari Mercy Medical Center di Baltimore menuturkan sebaiknya gunakan sabun selama 20 detik sebelum dibilas lalu pastikan sampai benar-benar kering, karena tangan yang basah jauh lebih mungkin menyebarkan bakteri dibanding tangan kering.

4. Memiliki pola tidur yang teratur
Memiliki waktu tidur yang tidak nyenyak secara terus menerus bisa menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi optimal. Meski kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda, tapi sebaiknya sekitar 6-7 jam dan tidak terbangun di tengah malam.

Sumber Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR