Selasa, 20 April 2010

Top 4, Masalah Payudara! Dan Jawabannya

Banyak wanita yang memiliki masalah pada payudara, tapi malu untuk mengungkapkan atau menanyakannya. Sebenarnya, jika Anda merasa memiliki masalah seputar payudara, langsung saja tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci.

Sebelum berkonsultasi ke dokter, ada baiknya Anda ketahui jawaban beberapa masalah yang sering dikeluhkan wanita seputar payudara.

1. Ukuran payudara kiri dan kanan berbeda

Tidak ada payudara yang ukurannya benar-benar sama dan

sempurna, antara kiri dan kanan. Hanya sebagian kecil wanita yang menyadari dan mampu melihat, ukuran payudara kiri dan kanan berbeda. Hal itu menurut Christiane Northrup, penulis buku “Women’s Bodies, Women’s Wisdom”, yang juga seorang ahli kebidanan dan ginekologi.

Jika perbedaannya cukup signifikan, untuk membuat payudara tidak terlihat aneh adalah dengan memilih bra yang tepat. Anda bisa memasukkan bantalan atau silikon kecil pada bra, untuk membuat payudara terlihat seimbang. Tapi, jika perbedaan ukuran menurut Anda tidak lazim, segera periksakan ke dokter.

2. Payudara sering gatal
Keluhan ini terjadi hampir pada setiap wanita. Rasa gatal bisa dipicu karena kulit payudara dalam keadaan kering. Untuk itu, oleskan krim atau baby oil pada payudara setelah mandi. Pastikan payudara dalam keadaan benar-benar kering sebelum Anda menggunakan bra, terutama di bagian lipatan.

Jika gatal disertai tanda kemerahan atau ruam bisa jadi Anda alergi, sebaiknya segera periksakan ke dokter jika ruam tak kunjung hilang. Bahan bra yang tidak menyerap keringat dengan baik juga bisa memicu rasa gatal. Untuk itu, pilihlah bra yang berbahan nyaman dan menyerap keringat.

3. Bentuk payudara
Bentuk payudara bermacam-macam, ada yang seperti buah pepaya, apel, atau seperti cone (lancip). Jangan terpaku pada model-model pakaian dalam yang payudaranya bulat dan kencang.

Payudara para model terlihat bagus karena mereka berolahraga dan menggunakan bra yang tepat. Jadi, jika Anda merasa bentuk payudara terlihat aneh, cari bra yang tepat dan jangan lupa berolahraga, agar otot sekitar payudara lebih kencang.

4. Areola besar
Areola adalah area hitam di sekitar puting. Seperti ukuran dan bentuk payudara, bentuk areola juga bermacam-macam. Ada yang kecil dan besar, jadi tidak masalah jika ukuran areola besar. Warnanya pun beragam, ada yang kemerahan, kecoklatan dan sebagian besar hitam.

Perubahan hormon yang timbul saat hamil juga bisa membuat areola menjadi lebih gelap. “Makin gelap kulit, maka semakin gelap warna areola,” kata Miriam Greene, asisten profesor Obstetri dan Ginekolo di NYU School of Medicine, seperti VIVAnews kutip dari Health.

sumber: Petti Lubis, Mutia Nugraheni, VIVAnews

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR