Rabu, 25 Desember 2013

Kiat Agar Pemasangan Anting pada si Kecil Tak Berujung Infeksi

Anak perempuan akan terlihat semakin cantik bila mengenakan anting. Karena itu kali pertama menindik daun telinga anak untuk dipasangi anting, ibu pasti merasa senang sekaligus cemas. Namun, bila tidak hati-hati, pemasangan anting pertama bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat, pembengkakan, hingga infeksi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua sebelum dan setelah menindik telinga anak. 

Kewaspadaan terutama sangat diperlukan pascapenindikan karena pascapenindikan adalah masa yang sangat rentan infeksi. Menurut penuturan ahli, setelah anak ditindik orang tua harus memastikan anak tidak jatuh sakit. Sebab sakit adalah pertanda melemahnya imun yang berarti infeksi mulai menjangkit. 

Lantas bagaimana jika anak menjadi demam setelah telinganya dipasangi anting? Jika demikian, orang tua harus memastikan bahwa tidak ada infeksi pada daun telinga anak. Hal lain yang harus dipastikan oran gtua adalah usia anak ketika akan dipasangi anting untuk pertama kalinya. Minimal, anak telah mencapai usia 6 bulan. Pemasangan anting sebelum anak mencapai 6 bulan memiliki risiko yang lebih tinggi. 

Apa saja hal yang perlu diperhatikan orang tua agar pemasangan anting pertama buah hati sukses dan tidak berujung infeksi? Dikutip dari Boldsky, Selasa (23/12/2013), inilah beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua agar buah hati tidak menderita setelah pemasangan anting pertamanya:  

1. Sebelum menetapkan tanggal pemasangan anting, orang tua harus memastikan anak perempuannya telah mendapatkan vaksin lengkap. Pemberian vaksin yang sudah lengkap adalah agar anak tidak jatuh sakit atau mengalami infeksi setelah pemasangan anting.  

2. Sebelum ditindik, berilah buah hati Anda obat pereda sakit dalam dosis kecil. Hal itu dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit anak selama proses penindikan dan sesudahnya. 

 3. Setelah ditindik, daerah seputar lubang telinga harus dibersihkan dengan hidrogen peroksida atau alkohol. Memang rasanya agak perih, tetapi alkohol membantu mencegah infeksi.  

4. Setelah penindikan usai, Anda harus menggerak-gerakkan anting paling tidak dua kali sehari selama enam bulan.  

5. Setelah ditindik, orang tua harus memastikan bahwa anting dikenakan terus-menerus paling tidak selama satu tahun. Beberapa hari setelah penindikan, jangan lupa mengoleskan sejumput kecil minyak kelapa di daun telinga. Itulah beberapa kiat yang harus diingat orang tua sebelum buah hati ditindik daun telinganya. Jangan sampai karena keteledoran kecil, bayi perempuan Anda terkena infeksi. 

 Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat 
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber Muamaroh Husnantiya - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR