Rabu, 11 April 2012

Nyeri Dada Perlu Diwaspadai Jika Muncul Ciri-ciri Ini


Jakarta, Masyarakat sering menyepelekan atau menganggap remeh nyeri dada yang muncul. Tapi sebenarnya kapan seseorang perlu merasa khawatir dengan nyeri dada yang dialaminya?

Nyeri dada bisa muncul hanya sesekali saja dalam waktu singkat sehingga tidak disadari, tapi ada juga nyeri dada yang muncul secara kontinu dan dalam jangka waktu yang lama.

Jika nyeri dada yang muncul mengarah ke

serangan jantung maka diperlukan tindakan pertolongan yang cepat untuk mencegah kerusakan otot jantung lebih lanjut yang bisa berujung pada kematian.

Studi yang dilaporkan dalam Annals of Emergency Medicine menemukan rasa sakit yang dialami oleh seseorang bersifat subyektif, sehingga rasa sakit parah yang muncul bisa dianggap hanya sakit ringan.

Berikut ini beberapa gejala lain yang muncul selain nyeri dada dan perlu diwaspadai, seperti dikutip dari MensHealth, Selasa (10/4/2012) yaitu:

Sakit pada perut
Dada terasa sesak atau berat
Merasa sesak napas
Muncul perasaan pusing
Mual dan atau muntah


Jika nyeri dada yang muncul semakin memburuk ketika sedang berolahraga, tiba-tiba merasa sesak napas dan berkeringat serta muncul rasa nyeri di lengan kiri atau hingga rahang dalam sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Meski begitu nyeri dada yang muncul bisa juga disebabkan oleh masalah atau penyakit lain seperti gangguan pencernaan atau ada yang salah di otot. Hal ini karena cairan lambung bersifat asam, bisa menyebabkan rasa nyeri jika ia naik ke kerongkongan yang letaknya di sekitar rongga dada.

Karena itu tak ada salahnya untuk selalu mencatat apa yang dirasakannya, terutama jika kondisi ini terjadi berulang, lalu segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sumber Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR