Minggu, 25 Agustus 2013

Kenapa Sering Terlambat Haid ? Inilah Penyebabnya

Tidak sedikit wanita yang mengalami terlambat haid padahal belum menikah atau memang tidak hamil. Dan pertanyaan ini terkadang menimbulkan kekhawatiran karena penyakit jaman sekarang juga macam-macam. Kanker rahim, kista, beberapa penyakit tersebut ditandai dengan pendarahan atau juga menstruasi yang tidak lancar. Tetapi tenang saja, apabila haid Anda tidak lancar dan sering datang terlambat, belum tentu itu adalah penyakit yang berbahaya. Ada beberapa penyebab yang membuat wanita seringkali mengalami terlambat haid. Beberapa di antaranya berbahaya, sebagian lainnya tidak.  

Apabila memang Anda tidak hamil, maka inilah penyebab Anda sering terlambat haid:  

1.Penurunan berat badan ekstrim 
Mereka yang doyan melakukan program diet dan mengalami penurunan berat badan ekstrim umumnya akan terganggu menstruasinya. Tanggal haid juga tidak teratur, bisa maju dan bisa mundur. 

2.Anoreksia dan bulimia 
Penderita anoreksia atau bulimia juga mengalami keterlambatan haid. Haid tidak teratur dan jumlahnya kadang hanya sedikit. 

3.Terlalu lelah 
Kelelahan tubuh akibat aktivitas yang meningkat juga mengakibatkan keterlambatan haid. Umumnya kalau sudah haid, disertai rasa nyeri luar biasa. 

4.Stres 
Stres akibat pekerjaan atau problem sehari-hari juga dapat menyebabkan haid jadi terlambat. Jumlah haid yang keluar juga tidak selalu seimbang, bisa sangat sedikit atau malah banyak.  

5.Sakit 
Sakit tertentu menyebabkan haid jadi terlambat, terutama apabila mengonsumsi beberapa resep obat yang mempengaruhi haid.  

6.Perjalanan jauh 
Anda yang hobby bolak balik dan melakukan perjalanan jauh. Nah, tubuh tentunya merasakan kelelahan. Kelelahan inilah yang akan mempengaruhi pembuahan dalam rahim, dan pelepasan telur terlambat oleh karenanya.  

7.Pengguna narkoba 
Mereka yang aktif mengonsumsi obat-obatan terlarang juga pasti mengalami problem akan haid. Gangguan haid lebih sering dialami dan umumnya jadwal haid yang tidak karuan. Sedang menyusui Wanita menyusui juga tidak mengalami jadwal haid yang tepat. Umumnya selalu terlambat dan mungkin jumlahnya hanya sedikit. Tenang saja. ini normal dialami oleh para ibu menyusui.  

8.Problem hormon Gangguan pada hormon juga menyebabkan jadwal haid jadi terganggu. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk memperlancar haid dalam kasus ini. Apabila gangguan terlambat haid ini terlalu sering datang dan mengganggu Anda dengan nyeri yang berlebihan, maka baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.  

Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON! 
Sumber: vemale.com / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR