Jumat, 13 Maret 2015

Kenapa Tumit Kaki Sering Sakit? Dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Tumit merupakan bagian dari susunan tulang kaki yang mempunyai peran yang sangat penting. Tumit merupakan penumpu utama seluruh berat badan kita saat kita berdiri. Seseorang yang menghabiskan waktunya dengan berdiri terlalu lama pada umumnya akan mengalami tumit kaki sakit. Namun ada beberapa anggapan bahwa sakit tumit sangat identik dengan asam urat. Hal ini sangat masuk akal karena endapan asam urat yang terlalu tinggi sehingga terbentuk kristal-kristal, nah kristal tersebutlah yang menyebabkan tumit anda terasa sakit terutama ketika anda berdiri.  

Penyebab Tumit Kaki Sakit? 
Kaki tersusun dari begitu banyak tulang yang masing-masing mempunyai tendon atau biasa kita kenal dengan otot. Tendon biasanya sebutan otot yang lebih spesifik yaitu pangkal dan ujung otot. Tendon mempunyai peran yang vital di dalam mensinkronkan tulang satu dengan yang lain. Peran tendon yang maksimal inilah yang memungkinkan kita bergerak lebih leluasa. 

Nah tumit sakit juga ini berkaitan erat dengan kinerja tendon yang terhambat oleh aktivitas kita yang terlalu banyak menggunakan tumit sebagai tumpuan. Berdiri terlalu lama membuat otot-otot kaki menjadi tertekan sehingga menimbulkan benjolan yang akan terasa sakit jika bergesekan dengan benda lain atau saat kita berdiri. 

Kebanyakan, dibandingkan dengan laki-laki, jumlah wanita yang mengalami tumit kaki sakit lebih signifikan. Hal ini sangat wajar terjadi apalagi mengingat kebiasaan wanita yang hobi sekali memakai high heels. Mengapa? Saat menggunakan high heels, tugas tumit kita untuk menyokong seluruh berat badan menjadi lebih berat, karena keseimbangan tubuh kita otomatis ditumpukan pada tumit. 

Menggunakan high heels terlalu lama akan berdampak negatif untuk kesehatan otot tumit kaki kita. Selain high heels, tumit sakit juga disebabkan oleh berat badan yang tidak ideal atau berlebihan. Badan yang terlalu berat otomatis menugaskan tumit kaki untuk bekerja ekstra sebagai tumpuan saat berdiri.  

Bagaimana Mengobati Tumit Kaki Sakit? 
Mereka yang menganggap penyebab tumit sakit adalah asam urat pasti akan menempuh segala cara untuk meredam rasa sakitnya seperti menghindari makanan-makanan yang dikenal sebagai pantangan. Memang, menghindari konsumsi makanan yang meningkatkan resiko asam urat sangat disarankan untuk dilakukan. 

Namun alangkah lebih baik apabila anda mengetahui dengan benar sebenarnya apa yang terjadi pada tumit kaki anda. Penulis sendiri sangat menyarankan untuk mengatasi keluhan tumit kaki sakit anda, ada baiknya untuk menemui dokter dan berkonsultasi tentang keluhan anda. Mengapa harus ke dokter? Karena dokter mempunyai teknologi yang lebih canggih untuk mengetahui dengan pasti kondisi tumit anda, sehingga dapat memberikan obat sakit kaki kepada anda. 

Beberapa langkah yang diambil biasanya adalah rontgen. Dengan melakukan proses ini, anda dapat mengetahui kondisi tumit lebih jelas karena disajikan dalam bentuk gambar tulang kaki anda. Berkonsultasi dengan ahlinya akan memberikan kesempatan bagi anda untuk melakukan perawatan yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, cobalah untuk mulai memperhatikan alas kaki anda. Alas kaki mempunyai peran yang sangat penting untuk memastikan kondisi tumit kaki anda dalam kondisi yang baik. 

Gunakan alas kaki yang benar - benar nyaman saat anda memakainya. Juga, mulai kurangi aktivitas yang menuntut anda berdiri terlalu lama serta pilih olahraga yang paling efektif untuk anda. 

Olahraga yang berlebihan mempengaruhi tumit bekerja lebih keras. 

Konsultasikan dengan ahlinya sesuai dengan keluhan tumit kaki sakit yang anda alami dan segera berikan obat sakit kaki secepatnya sebelum terlambat. Semoga artikel ini sedikit banyak bermanfaat untuk anda ya. Be healthy!  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber Andre Fillophy duniainformasikesehatan

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR