Selasa, 19 Februari 2013

Jangan Khawatir, Pasien Radang Selaput Otak Bisa Sembuh Total

Dalam beberapa kasus nyawa pasien radang selaput otak alias meningitis tidak bisa diselamatkan. Ada pula pasien yang bisa sembuh namun meninggalkan cacat dan kelumpuhan. Namun bukan berarti tidak ada harapan sembuh total bagi pasien meningitis. "Bisa sembuh total kalau didiagnosa dini dan pengobatan tepat," ujar Dr Roslan Yusni Hasan, Sp. BS, dokter spesialis bedah syaraf di RS Mayapada saat dihubungi detikHealth, Senin (18/2/2013). 

Nah, gejala radang selaput otak adalah panas disertai gangguan neurologis seperti kejang dan kehilangan kesadaran. Pada saat seseorang badanya panas disertai kaku kuduk atau kaku pada tengkuk leher, patut dicurigai terkena meningitis. 

Dokter mendiagnosa penyakit ini dengan gejala klinis pada pasien. Untuk semakin memastikan, dokter akan melakukan pemeriksaan cairan otak. 

Menurut dr Roslan, penyebab meningitis bisa bakteri, jamur, atau virus. Namun yang paling sering menyebabkan penyakit tersebut di Indonesia adalah virus dan bakteri. 

 "Setelah ketahuan infeksinya, cairan dibiakkan sehingga kumannya ketahuan lalu ducarikan obat yang cocok. Digunakan juga peta kuman di mana RS, negara, dan wilayah beda-beda peta kumannya. Ketepatan pengobatan menentukan lama pengobatan," papar dr Roslan. 

 Karena virus bisa menyebar lewat udara maka penyakit ini bisa menular, dari flu bisa menjalar ke selaput otak. Meski begitu penyakit ini bisa dicegah. Antara lain dengan menerapkan perilaku hidup sehat, menutup mulut jika bersin ataupun batuk, cuci tangan dan imunisasi. 

Artis yang baru-baru ini diduga terkena meningitis adalah penyanyi Ashanti. "Ada virus yang sampai ke otak, makanya kena radang selaput otak," ujar Anang, suami Ashanti. 

Anang menjelaskan, awalnya Ashanty hanya merasakan pusing yang hebat hingga panas-dingin. Setelah diperiksa, Ashanty dirujuk ke ahli syaraf, dan sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan.  

Semoga Bermanfaat, Salam Sukses & Selalu ActiON !!! 
Sumber Nurvita Indarini - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR