Jumat, 16 Mei 2014

Inilah 6 Cara Mudah Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

Isu jam tangan mewah milik Panglima TNI Jenderal Moeldoko tengah ramai menjadi pembicaraan dan pembahasan yang menarik sekaligus menggelitik. Pasalnya, jam tangan fenomenal milik sang Jenderal tersebut merupakan lansiran dari brand mewah Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph “Black Kite” yang dibanderol dengan harga jual fantastis, yakni Rp 1 miliar. Namun, di depan awak media yang mempertanyakan harga jam tangan spektakuler tersebut, Moeldoko justru mengaku bahwa jam tangannya adalah barang tiruan, alias palsu! Persoalan dan penyebaran produk tiruan di dunia memang bak wabah yang sulit dihalau. Para pemasok produk tiruan ini selalu menemukan “pintu” untuk memasarkan produk-produk tipuan kepada konsumen. 
Tak sedikit pemasok mengaku barang yang dijual asli dan menjualnya dengan harga selangit. Anehnya, meskipun sejumlah imbauan telah dikerahkan agar konsumen tidak terkecoh dan membeli produk palsu, kenyataannya masih banyak konsumen yang tertipu. Sangat sulit membedakan produk fashion asli dan tiruan, karena produk tiruannya memang sengaja dibuat sangat mirip dengan yang asli. Saya pernah berada di pabrik tas tiruan, dan memang barangnya sangat-sangat mirip,” kata Bette Bondo, Konsultan Fashion Branding dari Instituto Marangoni, Italia, setelah konferensi pers Jakarta Fashion Week 2015 di Kementerian Perdagangan. Sebenarnya bagaimana, sih, cara sederhana untuk membedakan jam tangan asli dengan yang tiruan?  

1. Harga 
Membedakan jam tangan orisinal dan tiruan lewat tampilan fisiknya saja memang terbilang sulit. Satu-satunya cara adalah dengan mengetahui harga jual produk tersebut. “Namun, ini bukan jaminan juga sebenarnya karena ada juga barang yang kualitas dan harganya mahal tapi itu tiruan,” katanya.  

2. Berat 
Jam tangan asli memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jam tangan tiruan.  

3. Detail produk 
Membedakan jam tangan palsu secara merinci bisa dilakukan dengan memperhatikan detail pada logo brand di badan jam tangan. Logo dan brand jam tangan orisinal dirancang berdasarkan spesifikasi dan berkualitas terbaik, lebih rapi, halus, dan memiliki ciri khas karena umumnya buatan tangan. Tujuannya supaya sulit untuk diduplikasi oleh pemasok barang tiruan, yang umumnya menggunakan mesin dan diproduksi dalam jumlah tidak terbatas.  

4. Sertifikat 
Sertifikat merupakan aset yang membuktikan bahwa jam tangan tersebut orisinal. Hal yang sama juga berlaku untuk koleksi tas-tas mewah seperti Hermes, Louis Vuitton, dan sebagainya.  

5. Lokasi pembelian 
Jangan sesekali membeli jam tangan merek mewah dan mahal lewat perantara. Artinya, untuk menjamin keaslian dan kualitas produk, belilah jam tangan di gerai resmi dan telah beroperasi dalam kurun waktu yang lama.  

6. Garansi resmi 
Pembelian jam tangan orisinal selalu disertai dengan garansi resmi langsung dari produsen (tak hanya garansi toko). Pastikan kartu garansi ini dilengkapi dengan hologram resmi. Biasanya waktu garansi jam tangan berkisar antara 1-3 tahun.  

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat,  
Salam Sukses & Selalu Action! 
Sumber: kompas.com, pulpenpromosi.web.id / resep.web.id

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Google News

SpONsOR