Selasa, 30 April 2013

Ini Daftar Sakit Perut yang Sering Dialami & Cara Penanganannya

Masalah perut adalah salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Namun, walaupun sering terjadi ini tetap dapat mengganggu aktivitas Anda. Bagian terburuknya adalah Anda tidak dapat menikmati makanan apapun dengan perut dan pencernaan yang bermasalah. Nah, ini dia berbagai macam penyakit umum perut dan penanganannya dikutip dari Boldsky, Jumat (26/4/2013).  

1. Asam lambung 
Turunnya asam terjadi ketika asam lambung bereaksi ketika Anda tidak makan apa-apa untuk waktu yang lama. Enzim asam dalam perut akan menjadi kuat dan segera setelah Anda makan, asam lambung akan 'menghabisinya' dan membuat makanan naik. Cara terbaik untuk mengalahkan refluks asam adalah susu dingin.  

2. Kembung 
Gas tidak lain hanyalah udara berat yang diproduksi saat mencerna makanan berserat berat seperti kubis. Perut akan terasa seperti ditarik dan mungkin juga membuat jantung terasa seperti terbakar akibat gas. Anda dapat berlatih pavanmuktasana, sebuah gaya yoga yang akan membuat Anda kentut atau minumlah banyak air untuk mencairkan gas. 

3. Ulkus Lambung 
Ketika waktu makan menjadi sangat tidak teratur, enzim asam akan mengikis lapisan perut. Hal ini menyebabkan rasa sakit parah dan rasa terbakar di perut. Obat-obatan dapat mengontrol tukak lambung tetapi mereka selalu bisa kambuh. Jadi, aturlah jadwal makan Anda setiap 2 jam.

4. Diare 
Diare biasanya terjadi ketika Anda makan makanan yang mentah atau tidak higienis. Hal ini membuat perut Anda memberikan jalan yang terlalu mudah feses untuk keluar. Pisang mentah yang besar untuk mengencangkan pergerakan usus dan juga oralit atau air dengan garam dan gula dapat mengobatinya.  

5. Sembelit 
Ketika Anda makan makanan yang mengandung terlalu banyak protein dan karbohidrat namun seratnya sedikit, feses akan menjadi keras. Ini mungkin akan menyebabkan susahnya buang air besar (BAB) selama berhari-hari. Ini akan membuat nafsu makan menurun dan menyebabkan sakit perut. Minumlah susu dan pepaya dalam menangani kasus sembelit.  

6. Intoleransi Laktosa 
Beberapa manusia dewasa tidak memiliki enzim untuk mencerna susu yang disebut laktosa. Sehingga ketika mengonsumsi susu atau produk turunan susu akan menyebabkan gangguan pencernaan. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan di sini adalah menghindari semua produk susu dan turunannya.  

7. Cacingan 
Kadang-kadang, cacing dapat masuk ke perut kita dari makanan yang tidak higienis atau yang terinfeksi. Seperti di dalam daging, jika tidak diproses dengan benar bisa saja mengandung cacing. Cacing akan menyebabkan sakit perut dan dubur menjadi gatal. Anda perlu mengambil obat cacing untuk segera menyingkirkannya.

8. Irritable Bowel Syndrome 
Bila Anda memiliki gangguan pencernaan kronis dan sakit perut, maka bisa jadi Anda memiliki sindrom iritasi usus besar. Dan sejauh ini daya pencernaan mungkin akan berkurang secara signifikan. Karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan, Anda harus benar-benar waspada dengan apa yang Anda makan. Selain itu, gangguan pencernaan seperti sakit perut akibat mengonsumsi makanan yang sangat berat atau pedas dapat membuat perut tak sanggup mencernanya. 

Saat hal itu terjadi, Anda dapat mengambil jaljeera (air jinten hitam dengan garam) untuk memudahkan pencernaan Anda. Jadi, sangatlah bijaksana jika Anda menghindari makanan-makanan tertentu untuk menjaga kesehatan perut dan pencernaan. Perbanyaklah makan-makanan berserat dan konsumsilah obat cacing secara teratur.  

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat  
Salam Sukses & Selalu ActiON !!! 
Sumber Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth

Tidak ada komentar:

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR