Senin, 05 Maret 2012

Hindari 6 Makanan Berikut Saat Anda Menyusui


Ibu yang sedang menyusui harus memberikan perhatian lebih pada apa yang dimasukkan ke dalam perutnya. Ibu juga harus hati-hati memilih makanan karena dapat berpengaruh langsung pada bayinya. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menyusui.

Makanan yang dikonsumsi ibu saat sedang menyusui dapat berperan penting

dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat menyusui, seperti dilansir onlymyhealth :

1. Kopi
Kopi dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan, tapi kafein dalam kopi ini cukup berbahaya untuk bayi. Ketika seorang wanita minum kopi, beberapa bagian akan masuk ke dalam ASI. Ketika bayi menyusu, maka bersama dengan air susu kafein masuk ke dalam sistemnya.

Sayangnya, sistem bayi tidak dapat mencerna kafein. Oleh karena itu terus terakumulasi di dalam sistem tubuhnya. Hal ini menyebabkan iritasi dan sulit tidur pada bayi.

2. Makanan pedas
Makanan pedas kaya cabe dan merica dapat menyebabkan gangguan lambung pada bayi. Ketika bayi menyusu pada ASI yang mengandung rasa pedas, hal itu menyebabkan iritasi, muntah dan bahkan masalah gas pada lambung. Jadi jangan mengambil makanan berbumbu pedas saat menyusui.

3. Produk susu
Beberapa bayi alergi terhadap susu sintetis seperti susu sapi atau susu kerbau. Ketika ibu makan produk susu seperti keju, yoghurt atau es krim, ini juga dapat mengembangkan reaksi alergi pada bayi. Hal ini dapat menyebabkan kulit kasar, kering, merah merata dan gatal.

4. Makanan laut
Kadar merkuri sangat tinggi pada makanan laut seperti kepiting, kerang dan jenis ikan lain. Makanan laut juga mengandung senyawa beracun lainnya yang dapat merugikan bagi bayi. Jika ibu menyusui ingin makan ikan saat menyusui, sebaiknya berhati-hati memilih jenis ikan dengan kadar merkuri rendah, seperti ikan teri, ikan lele, udang, ikan salmon baik yang kalengan maupun yang fresh, ikan nila, ikan putih, ikan trout air tawar, ikan whiting dan ikan makerel dari atlantik utara.

5. Alkohol

Alkohol menimbulkan banyak masalah pada bayi jika ia minum ASI yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menyebabkan berat badan berlebihan dan tidak biasa pada bayi. Minuman keras ini juga dapat menyebabkan kelemahan dan kurang tidur pada bayi.

6. Buah asam

Buah-buahan yang asam seperti lemon, jeruk dan grapefruit mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi lambung pada bayi. Ini juga menyebabkan ruam popok dan gangguan suasana hati pada si kecil. Jadi lebih baik menghentikan asupan buah jeruk sementara saat menyusui.

sumber: detik.com / resep.web.id

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Tambahan,,,, klo lg menyusui, hati2 waktu makan nasi, jgn sampe kulit berasnya kemakan, ini bs bikin payudara bengkak dan panas dingin di badan. Ibu bs demam smpai berhari2 dan kesakitan d bagian payudara.

Info Menyusui mengatakan...

Menyusui penting bagi ibu, anak dan keluarga. menyusui meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.. menyusui adalah baik.. kurang dukungan dan informasi menyusui membuat masyarakat menganggap menyusui dan susu formula sama. kami membuat web bertujuan meningkatkan informasi dan kesadaran untuk menyusui. silahkan kunjungi: www.menyusui.info

lydia mengatakan...

Ibu Makan makanan mngandung sakarin kr2 bz bkin bayu batuk gk y....

rinda septiani mengatakan...

makasih buat infonya, ibu menyusui memang perlu nutrisi yang baik dan cukup

tUkeRAn LiNk YUK ?!

Silahkan tambahkan sendiri Link Banner para sobat dengan cara menulis alamat URL site dan alamat URL banner ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

Silahkan tambahkan sendiri Link Text para sobat dengan cara menulis nama dan alamat URL site ke dalam kolom di bawah ini. Trims.

SpONsOR